Rambut kamu sering rontok? Ini dia 6 Penyebab Rambut Rontok

Rambut kamu sering rontok? Ini dia 6 Penyebab Rambut Rontok 

Teknokra.id - Hai sobat teknokra, rambut kamu sering rontok? sudah pakai sampo anti rontok tapi masih rotok? kamu harus tahu 6 penyebab rambut rontok agar tidak salah mengatasinya. Berikut pembahasannya.

sumber : pinterest


1.  Akar Rambut Tidak Kuat

Kekuatan utama rambut  berasal dari akar rambut yang kuat. Merupakan bagian penting dari anatomi  rambut, akar rambut bertugas mendistribusikan nutrisi dari tubuh ke seluruh batang rambut. Kekuatan rambut dari pertengahan hingga ujung ditentukan oleh kesehatan akar rambut. Kerusakan pada akar rambut mencerminkan kesehatan rambut yang buruk dan dapat menyebabkan kerontokan rambut  dalam jangka panjang.

2.  Ketidakseimbangan Hormonal

Ketika hormon kamu tidak stabil, rambut kamu menjadi rapuh dan mudah rontok. Hormon memainkan peran penting dalam siklus pertumbuhan rambut. Hormon estrogen yang dimiliki banyak  wanita mempunyai kemampuan untuk menumbuhkan rambut  panjang. Hormon androgen (hormon pria) justru memperpendek fase pertumbuhan rambut. Perubahan hormonal dalam tubuh menyebabkan telogen effluvium, yang menyebabkan kerontokan rambut sementara.

Contoh ketidakseimbangan hormon terjadi saat  haid bagi wanita atau akibat penggunaan alat kontrasepsi hormonal. Selama haid, perubahan hormonal dapat menyebabkan kerontokan rambut yang parah.

3.  Terlalu Stres

Kondisi stres yang berkepanjangan, apalagi di masa pandemi, bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Trauma dan stres psikologis saat masa-masa sulit, seperti kematian orang terdekat, perceraian, atau kehilangan pekerjaan, dapat menyebabkan stres dan berdampak pada kerontokan rambut. Menurunnya kekuatan rambut disebabkan oleh peningkatan hormon pria akibat  stres.  Ada helai rambut yang tersisa dan ada pula yang rontok.

4.  Sering Mencatok dan Mewarnai Rambut dengan Bahan Kimia

Menggunakan bahan kimia keras saat meluruskan, mengeriting, atau mewarnai rambut dapat merusak folikel rambut di kulit kepala. Trauma berulang pada folikel rambut dapat menyebabkan kerontokan rambut yang parah dan terkadang permanen.

5.  Memakai Alat Styling Bersuhu Tinggi secara Berlebihan

Beberapa wanita mengeluhkan rambut rontok akibat patahnya batang rambut. Salah satu penyebab kerapuhan batang rambut adalah penggunaan alat penata rambut yang panas secara berlebihan. Jika kamu tidak menggunakan pelindung rambut seperti minyak rambut atau semprotan tahan panas, panas dari pelurus rambut akan membuat rambut kamu kering. Struktur  rambut juga berubah. Hal ini membuat mereka rapuh dan mudah hancur.

6.  Folikel Rusak Akibat Mengikat Terlalu Kencang

Kerusakan dan trauma pada folikel rambut tidak hanya terjadi akibat penggunaan bahan kimia rambut.  Mencabut rambut secara paksa juga merusak folikel rambut di kulit kepala. Jika bekas luka masih ada, folikel rambut mungkin berhenti tumbuh.

 Nah itu dia sobat Teknokra 6 penyebab rambut kamu rontok! (Penulis : Nadia Felisa)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel