Anti Boncos Di Akhir Bulan! Ini 7 Tips Cerdas Mengatur Keuangan

Anti Boncos Di Akhir Bulan! Ini 7 Tips Cerdas Mengatur Keuangan

Teknokra.id - Hallo sobat Teknokra, pernah ngga sih kalian merasa kalau di akhir bulan itu kok sisa uang di rekening udah sedikit banget ya? Bete banget ngga sih kalau udah kayak gitu, jadinya mau ngga mau sobat harus ekstra banget nih hematnya, bahkan kalau bisa ngga keluarin uang sama sekali. Jangan sampai kejadian seperti itu ya sobat. Biasanya sih yang sering ngalamin kayak gitu, dia masih belum bisa mengatur keuangan dengan bijak.

Nah berikut ini 7 tips cerdas buat kamu biar keuangan anti boncos di akhir bulan dan ngga perlu sampai ekstra hemat lagi.

1.      Mencatat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran

Apa sih manfaatnya kalau kamu mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran? Manfaatnya kamu jadi lebih mudah melacak keuangan bulanan, jadi nih kamu kaget uangnya kok tiba-tiba udah segini aja padahal masih tengah bulan. Nah kamu tinggal liat aja catatan keuangan, apa ya yang kira-kira bikin uangnya jadi berkurang banyak. Jadi bulan depan kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Cara mencatat ini bisa sobat lakukan dengan pembukuan sederhana di catatan kecil. Atau sobat bisa install aplikasi pencatatan keuangan yang bisa mempermudah sobat dalam pencatatan keuangan. Catat pengeluaran sobat dengan buat pos-pos pengeluaran, jangan lupa pasang target maksimum pengeluaran di masing-masing pos pengeluaran.

2.      Perhatikan hal-hal kecil

Biasanya kamu pernah menganggap remeh kalau pengeluaran untuk hal-hal kecil itu gak terlalu berpengaruh buat keuangan bulanan. Contohnya seperti setiap harinya suka jajan camilan ataupun suka mampir ke coffee shop buat beli kopi. Nah hal-hal kecil kayak gitu kalau kamu jumlahin selama satu bulan bisa sangat besar loh. Makanya kamu harus hati-hati sama hal kecil kayak tadi kalau mau keuangan kamu bisa terkontrol.

3.      Buat Prioritas Kebutuhan

Tips ketiga ini kamu bisa menyusun kebutuhan dari mulai yang paling prioritas/utama sampai ke sifat kebutuhannya itu adalah tambahan/yang tidak terlalu prioritas. Itu dinamakan dengan membuat skala prioritas. Ini bisa bantu kamu dalam mengatur keuangan agar lebih bijak.

4.      Jangan Belanja Demi Gengsi

Nahh setelah tadi membuat skala prioritas, kamu jadi tahu apa yang menjadi prioritas. Biasanya kalau kamu berbelanja berdasarkan gengsi, gengsi itu gak ada habisnya. Jadi lebih baik uang belanja itu sobat tabung atau di pakai untuk membeli barang yang benar-benar kamu butuhkan.

5.      Jangan Lupa Menabung

Kamu bisa menabung setiap kali sobat menerima uang bulanan, persentase menabung bisa disesuaikan dengan uang bulanan yang sobat terima. Idealnya adalah 10-20% uang bulanan kamu dialihkan ke rekening tabungan.

Tabungan ini juga bisa berfungsi sebagai dana darurat ketika kamu membutuhkan uang dengan jumlah yang besar dalam jangka waktu yang kalau bisa secepatnya. Jadi ada banyak sekali manfaat kalau menabung sekian persen uang bulanan sobat.

6.      Membuat Dua Rekening Bank

Kalau tadi kamu berencana untuk mulai menabung, sobat jangan lupa membuat dua rekening bank agar pengelolaan dan pemantauan keuangan menjadi lebih mudah. Misal satu rekening sebagai rekening utama dan rekening satu lagi adalah rekening untuk menyimpan uang tabungan. 

7.      Melakukan Evaluasi Keuangan Setiap Bulannya

Setelah sudah melakukan 6 tips tadi, kamu bisa lakukan evaluasi berkala setiap bulannya. Jadi bisa tau kegiatan apa aja yang sekiranya itu lumayan menguras banyak biaya. Misalnya bulan ini ada banyak pengeluaran di jajan sama belanja barang-barang yang sebetulnya tidak terlalu penting, nah di bulan selanjutnya kamu bisa mengurangi atau mengalokasikan dana itu untuk ditabung kalau ada kebutuhan mendadak.

Nahh itu tadi adalah 7 tips cerdas mengatur keuangan anti boncod di akhir bulan. Semoga tips ini bisa membantu sobat Teknnokra dalam mengatur keuangan (Penulis : Wahab Ali)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel