Memaknai Kebebasan Lewat Anime "Shingeki no Kyojin"

Teknokra.id - Kebebasan.. semua orang ingin mendapatkannya. Aku mengartikannya pada mereka yang ingin melakukan apapun yang mereka suka, tanpa adanya batasan. Ketika mendengar kata “bebas”, aku teringat salah satu anime yang beberapa orang mungkin tahu yaitu Shingeki no Kyojin.

Bicara mengenai anime Shingeki no Kyojin, anime ini melatarbelakangi pada sosok seseorang yang mempunyai ambisi untuk mendapatkan kebebasan. Ia adalah Eren Yeager, yang merupakan karakter utama dalam anime tersebut.

Sosok Eren ini merupakan seseorang yang berambisi untuk mendapat kebebasan dengan banyak pengorbanan. Semua ia lakukan untuk mendapatkan kebebasan. Ia mengorbankan keluarga, nyawa orang lain, bahkan ia juga mengorbankan kebahagiaan dan nyawanya sendiri. Namun, kebebasan itu bukan hanya untuk dirinya sendiri, akan tetapi ia lakukan untuk teman-temannya dan juga orang yang ia cintai.

Saat melihatnya, aku mengerti mengenai pesan apa yang ingin disampaikan dari anime ini, tentang apa yang dilakukan Eren, dan arti pengorbanannya untuk memperjuangkan kebebasan. Dari pandanganku, aku berpikir bahwa tidak mudah untuk seseorang mendapatkan kebebasan. Jika seseorang menginginkannya, maka ada banyak hal yang harus dikorbankan terlebih dahulu untuk mendapatkannya bahkan dengan bertaruh nyawa sekalipun. 

Namun, apabila sudah mendapatkan kebebasan itu, apakah sudah pasti kita akan merasakan kebahagiaan? padahal sudah banyak hal yang kita korbankan. Jika berpikir lebih keras lagi, mungkin bahkan tidak ada yang bisa mendapatkan kebebasannya sendiri tanpa melakukan apa-apa. 

Begitulah gambaran dan pesan yang didapat oleh penulis artikel ini mengenai anime Shingeki no Kyojin, anime ini selain menceritakan tentang kebebasan, ia juga mencertikan tentang humanisme, politik, dan masih banyak lagi yang dapat kita petik dari anime tersebut. 

Jika teman-teman teknokra.id penasaran seperti apa sosok Eren dan pengorbanan apa saja yang telah ia lakukan, kalian bisa tonton dengan mencari di halaman web atau situs-situs yang bisa kalian kunjungi dengan mengetik "Anime Shingeki no Kyojin". Terus saksikan cerita-cerita menarik lainnya dari teknokra.id selanjutnya! (Penulis : Faridh Azka Alfatahni). 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel