Klasifikasi Jenis Usaha Dan Tahapannya Bagi Pemula

Teknokra.id - Halo sobat teknokra.id apa kabar?, kali ini teknokra.id pastinya bakalan bahas info menarik lagi lhoo. teknokra.id bakalan kasih tau kalian para anak muda zaman now yang pengen banget ngembangin usahanya sendiri atau yang baru aja mau memulai bisnis. nah, simak tahapannya dibawah ini ya sobat.

Jadi, untuk kalian anak muda yang masih pemula dalam memulai sebuah bisnis tentunya kita harus memulai dengan riset pasar terlebih dahulu sobat, maksudnya kita harus melihat target pasar kita, harga pasar, kesukaan konsumen, dan yang tidak terlupakan yaitu dengan mengikuti trend yang ada. 

Karena trend sangat bergantung pada kesukaan konsumen yah. Apalagi bagi kalian seorang mahasiswa tentunya ada banyak trend yang harus kalian ikuti baik itu kuliner, fashion, dan lain-lain. Untuk itu berikut contoh- contoh bisnisnya.


1. Dunia Kuliner

Jika kalian ingin menekuni dunia kulineran maka hal pertama yang kalian lakukan adalah menentukan jenis produk kuliner apa yang akan kalian tekuni. Contohnya Makanan berat, makanan ringan/cemilan, dan minuman. Makanan berat terbagi atas nasi, lauk, sayur, makanan berkuah. sedangkan cemilan terbagi atas dua jenis yaitu (pedas/manis), dan minuman terbagi atas beberapa seperti aneka minuman coklat, buah-buahan, dan ice cream. 

Setelah menentukan jenisnya, yang kedua adalah memadukannya dengan trend yang ada seperti penambahan rasa baru didalam menu utama yang kalian buat contohnya topping. Lalu melakukan analisis pasar apakah produk kalian disukai dan diminati atau tidak, pastikan untuk memulai bisnis dengan harga yang terjangkau konsumen dan berkualitas tinggi ya sobat. 

Langkah terakhir adalah pemasaran, biasanya banyak orang gagal dalam langkah pemasaran yang mereka gunakan, berikut adalah tahapan pemasaran yang benar ala teknokra.id

  • Penentuan kalangan pembeli apakah anak muda, dewasa, orang tua atau semua kalangan.
  • Target penjualan diusahakan untuk sanak saudara terlebih dahulu dan teman-teman terdekat, minta lah kritik dan saran dari mereka terkait produk mu
  • Barulah menentukan pemasaran, tempatkan lokasi pemasaran yang dekat dengan pusat keramaian atau pusat berbelanja.
  • Lalu pasarkan juga produk mu secara online untuk menjangkau pembelian dari jarak jauh tujuannya agar target pasarnya lebih luas lagi. 

2. Fashion 

Dunia fashion sangat menjadi pusat perhatian anak muda zaman now loh, karena fashion merupakan salah satu alasan yang membantu agar diri mereka tetap hidup dan bisa dibilang memiliki tingkat rasa percaya diri yang tinggi. 

Fashion memiliki beberapa klasifikasi ya sobat yang pertama yaitu dari pakaian, hijab, sepatu, sendal, tas, dan accesories. Nah jika kita merupakan pebisnis pemula tentunya sangat tidak mungkin kita langsung memproduksi produk-produk fashion tersebut ya.

Kalian bisa memulainya dengan menjadi bagian dari reseller toko, biasanya keuntungan yang diambil dari penjualan ini lumayan lhoo sobat, dan pemasarannya juga sangat mudah kalian bisa berjualan melalui online maupun offline. namun, tentunya selalu ada kekurangan nya dalam setiap penjualan. 

Kita tidak dapat menjangkau pasar secara luas, karena rata-rata target market reseller hanya orang terdekat, tidak dapat meraup keuntungan yang lebih karena harga jual tidak akan jauh beda dari reseller, terkecuali kalian adalah orang-orang yang mahir dalam proses pemasarannya. Tapi jika kalian juga ingin menjadi pembuat produk maka kalian juga harus mempunyai keterampilan dibidangnya ya, agar barang yang dihasilkan berkualitas dan memiliki nilai jual.

Nah, gimana nih sobat teknokra.id kira-kira setelah baca artikel ini udah ada gambaran belum nih mau bisnis yang mana, pastinya semua tergantung minat dan bakat ya dan jangan lupa nantikan terus info menarik lainnya dari teknokra.id (Penulis : Dian Ayu Puspita).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel