Musim Kemarau, ini 5 Cara Cegah Dehidrasi

Teknokra.id - Musim kemarau sering kali menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Banyak orang merasa energinya lebih cepat habis, dan lebih mudah kelelahan. Ternyata, hal ini merupakan salah satu ciri-ciri tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi yang akan menjadi berbahaya jika terus-menerus dibiarkan, lhoo sobat. 

Walau dapat menjadi sesuatu yang berbahaya, nyatanya dehidrasi bisa dicegah sendiri melalui beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Berikut 5 cara cegah dehidrasi yang dapat kamu lakukan.

1. Perbanyak Minum Air Putih 

Ketika musim kemarau, tubuh akan lebih banyak kehilangan cairan sebagai respon alami saat cuaca panas. Minum air putih yang cukup, minimal 8 gelas sehari dapat membantu menjaga kadar cairan tubuh kita sehingga suhu tubuh akan tetap normal dan terjaga sepanjang hari. 

2. Konsumsi Makanan Berserat 

Makanan dengan serat tinggi seperti buah dan sayur akan membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairannya. Selain itu, mengkonsumsi buah dan sayur juga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. 

3. Batasi Minuman Kafein dan Beralkohol

Meski terlihat menggiurkan, kedua jenis minuman ini sebaiknya dihindari saat musim kemarau ya, jika kamu tidak ingin mengalami dehidrasi. Mengonsumsi minuman ini akan membuat seseorang sering buang air kecil sehingga cairan didalam tubuh akan berkurang dan bisa mendorong terjadinya dehidrasi. 

4. Hindari Minum Air Es 

Meski terlihat menggiurkan dikonsumsi saat musim panas, ternyata air es dapat meningkatkan resiko dehidrasi, lhoo! Hal ini disebabkan air es tidak mudah diserap oleh tubuh dan akan membuat kamu jadi semakin haus. 

5. Hindari Konsumsi Gorengan Berlebih 

Gorengan adalah makanan yang mudah ditemui dan digemari oleh banyak kalangan, terutama karena harganya yang murah. Namun, gorengan merupakan salah satu makanan yang berminyak, kandungan garamnya tinggi dan dapat memicu dehidrasi. Sebaiknya, hindari konsumsi makanan berminyak dan tinggi garam untuk cegah dehidrasi. 

Nah, itu dia sobat teknokra.id 5 cara cegah dehidrasi yang sederhana dan dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Selain beberapa hal di atas, kamu juga bisa melakukan konsultasi ke dokter apabila mengalami gejala dehidrasi baik ringan maupun berat. Semoga artikel ini membantu, ya sobat. Nantikan tips-tips dari teknokra.id selanjutnya! (Penulis : Nisya Ananda Shalihah).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel