Cara Keren Cari Jurnal, Mahasiswa Wajib Tahu!

Teknokra.idSaat ini, mahasiswa sering kali dibuat pusing sebab kesulitan mencari jurnal atau sumber yang sesuai dengan bahan tulisan mereka. Hal ini tentunya terjadi bukan tanpa sebab. Masih banyak mahasiswa yang ternyata belum mengerti cara mencari jurnal untuk tugas-tugasnya, baik secara daring maupun luring.

Di era modern seperti sekarang, tidak sedikit mahasiswa yang kesulitan mencari sumber atau laman sebagai tempat mencari jurnal referensi. Hal ini pastinya menjadi masalah, sebab sumber referensi menjadi salah satu hal yang krusial dalam pembuatan tugas, apalagi bagi mahasiswa.

Namun jangan khawatir, karena ada banyak sekali situs di internet yang dapat diakses secara gratis untuk memudahkan mahasiswa dalam mencari referensi bahan tulisan. Berikut merupakan beberapa laman di internet yang dapat diakses untuk memudahkan kalian dalam mencari referensi jurnal.


1. Google Scholar
Google Scholar atau Google Cendekia merupakan salah satu produk Google yang merupakan mesin untuk mencari publikasi ilmiah seperti artikel, jurnal dan bahkan skripsi. Google Scholar dapat diakses langsung melalui Google dan merupakan salah satu laman yang paling umum digunakan untuk mencari sumber referensi.

2. SINTA (Science and Technology Index)
SINTA merupakan laman sistem informasi jurnal ilmiah yang dikelola langsung oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Laman ini menyediakan berbagai jurnal nasional yang pastinya sudah terakreditasi. Ada 6 tingkatan jurnal yang disuguhkan di SINTA. Semakin tinggi tingkatan jurnalnya, maka akan semakin kecil nilai jurnal tersebut.

3. Academia.edu
Laman ini merupakan salah satu yang cukup familiar sebab kerap muncul pada laman pencarian di Google. Academia.edu merupakan situs yang dapat membantu mahasiswa dalam mencari jurnal berbahasa Indonesia. Laman ini menawarkan kamu bantuan mencari referensi jurnal penelitian serta karya tulis ilmiah dengan cara yang mudah.

4. Lipi.go.id
Situs ini merupakan laman resmi milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang juga di bawah naungan Kementrian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi. LIPI menawarkan berbagai jurnal yang dapat diakses secara gratis.

5. Perpusnas.go.id
Laman ini merupakan laman daring dari Perpustakaan Nasional Indonesia. Laman ini menyajikan berbagai sumber yang dapat dijadikan referensi tulisan di dalamnya. Sebelum masuk dan mencari sumber referensi, kamu wajib membuat akun dan mendaftar terlebih dahulu. Apabila sudah resmi terdaftar, nantinya kamu akan dapat dengan mudah mencari dan mengunduh sumber referensi tulisan yang kamu inginkan.

6. Moraref.kemenag.go.id
Moraref Kemenag adalah situs resmi yang diatur oleh Kementrian Agama yang tentunya dapat membantu mahasiswa, terutama mahasiswa pada Perguruan Tinggi Keagaman Islam. Laman ini menyajikan berbagai jurnal ilmiah islam secara online. Saat ini, sudah terdapat sekitar 27.534 judul artikel yang dapat diakses di Moraref Kemenag dan tentunya akan memudahkan mahasiswa dalam mencari referensi tugas.

Nah, beberapa sumber di atas merupakan laman yang dapat kamu akses untuk mencari sumber referensi tugasmu. Selain sumber di atas, tentunya masih banyak sekali situs daring lainnya yang dapat kamu gunakan untuk membantu keperluan tugas-tugasmu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari referensi, ya! (Penulis : Nisya Ananda Shaliha)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel