Hal yang Perlu Disiapkan Saat KKN!

Teknokra.id - Halo Sobat Teknokra! KKN adalah singkatan dari Kuliah Kerja Nyata yaitu salah satu program dengan tujuan membina desa yang dilaksanakan dalam kurun waktu 40 hari. Biasanya penempatan KKN akan jauh dari tempat tinggal kita agar memiliki pengalaman di desa orang.

Selama 40 hari KKN, kita memerlukan persiapan yang matang baik dari segi bawaan yang cukup, mental untuk beradaptasi dengan orang di desa tersebut dan fisik kita yang haru siap akan perjalanan yang jauh dan pelaksanaan program kerja.

Yuk simak persiapan sebelum KKN agar pelaksanaannya maksimal!

1. Persiapkan Barang Bawaan

Barang untuk KKN adalah dimulai dari primer, sekunder dan tersier. Kebutuhan primer adalah barang yang dibutuhkan seperti alat mandi dan pakaian. Selanjutnya kebutuhan sekunder adalah barang seperti laptop, kuota dan make up. Terakhir adalah kebutuhan tersier yaitu perhiasan dan kendaraan.

2. Persiapkan Mental

Mental dalam hal ini meluas mulai dari mental dalam bertemu warga desa sampai etika dalam beradaptasi di desa yang kalian tuju.

3. Persiapkan Fisik

Fisik termasuk hal yang penting dalam menjalankan KKN, karena ada pepatah mengatakan ''Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat'' yang artinya fisik menunjang pelaksanaan program.

Banyak yang perlu dipersiapkan untuk memaksimalkan KKN kalian nanti. Yang paling penting dari KKN adalah program kerja yang matang nih Sobat Teknokra. Yuk mulai pikirin mau program kerja apa yang akan kalian bawa nantinya untuk KKN.

Nah, itu tadi hal yang harus disiapkan. Mari kita siapkan hal - hal di atas agar pelaksanaan KKN kita maksimal dan lebih produktif! Sampai jumpa Sobat Teknokra! (Penulis : Rara Maharani Bintang Lampung)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel