Pentingnya Olahraga Guna Menjaga Keseimbangan Aktivitas

Teknokra.id - Zaman modernisasi yang serba cepat dan mudah ini, membuat  kita cenderung lebih malas untuk melakukan sesuatu, karena semua yang kita lakukan sudah banyak dipermudah dengan adanya teknologi. Hal itu mendorong kita untuk tetap produktif dalam beraktifitas dikesehariannya. Selain rencana kegiatan yang tersusun dengan apik, time management yang baik dan faktor-faktor pendukung lainnya yang berpengaruh terhadap keproduktifitas-an kita, olahraga menjadi salat satu faktor yang sering diabaikan. Walau sering diabaikan ternyata olahraga punya dampak yang cukup besar terhadap produktifitas kita. Maka dari itu, artikel ini akan membahas bagaimana olahraga dapat berkontribusi pada peningktan produktifitas.

 

Manfaat Olahraga terhadap Produktifitas:

 

1. Kesehatan Fisik yang Optimal

Konsekuensi yang  didapatkan jika rutin melakukan olahraga, kondisi fisik yang sehat menjadi alasan utama kita harus berolahraga. Olahraga secara langsung dapat mempengaruhi kondisi fisik dan kesehatan tubuh kita, baik fisik maupun mental. Seseorang yang rutin berolahraga memiliki performa fisik yang lebih prima dan sudah pasti punya kekuatan dan daya tahan fisik yang lebih baik. Oleh karena itu, berolahraga secara teratur dapat menjadi cara yang mudah untuk menjaga kesehatan tubuh untuk menyokong produktifitas.

 

2. Peningkatan Kemampuan Kognitif

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kapasitas otak, seperti memori dan juga konsentrasi. Serta dinilai dapat menurunkan berbagai risiko penyakit yang erat kaitannya dengan fungsi otak. Selain itu, olahraga juga dapat membantu memperlambat penurunan fungsi kognitif yang terjadi seiring bertambahnya usia dan mengurangi risiko terkena demensia. Salah satu contohnya begini, bersepeda atau berjalan cepat selama 30 menit dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan merangsang pelepasan neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin, yang berguna untuk meingkatkan kreativitas dan fokus. Dengan tingkat konsentrasi dan kemampuan kognitif yang baik dapat menjadi hal yang bisa membantu kita untuk produktif dalam beraktivitas.

 

3. Memperbaiki Suasana hati

Olahraga dinilai dapat memperbaiki mood dan memberikan energi positif, karena dengan berolahraga dapat melepaskan hormon endorfin yang bertindak sebagai “zat pembuat senang” alami dalam tubuh kita yang sekaligus dapat  mengurangi stess. Ketika kita berolahraga, aliran darah di tubuh meningkat, yang berarti lebih banyak oksigen yang masuk ke otak dan yang membuat badan menjadi lebih segar. Suasana hati yang baik dan stabil juga memegang peran yang cukup besar terhadap terciptanya produktifitas.

 

4. Membentuk Rutinitas Positif

Olahraga dinilai dapat membantu dalam pembentukan rutinitas yang baik, dan rutinitas yang dapat memberikan dampak positif ke diri kita pastinya. Pola hidup sehat bisa saja berawal dari sini, ketika kita sudah rutin berolahraga biasanya kita akan lebih aware terhadap aspek lain yang juga dapat menunjang terciptanya pola hidup sehat tadi. 

Mulai dari memperhatikan makanan yang kita konsumsi, lebih mementingkan apa yang tubuh kita butuhkan bukan sekedar apa yang kita inginkan. Waktu tidur yang diatur agar emndapat kualitas tidur yang baik dengan beristirahat selama 8 jam. Dengan memiliki rutinitas positif dan menjaga pola hidup sehat, maka akan menunjang produktifitas yang baik.

 

Pentingnya peran olahraga terhadap produktifitas tidak bisa dianggap remeh. Dari keempat poin di atas dapat kita lihat dan nilai bahwa rutinitas berolahraga sangat berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Mulai kemampuan untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik, hingga membentuk rutinitas positif. (Penulis : Gilang Permana)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel