Genre Buku Fiksi Terpopuler

Teknokra.id - Halo, sobat Teknokra! Siapa yang di sini suka banget sama baca buku? Meskipun tidak terlalu terlihat di lingkungan luar, tetapi banyak juga yang diam - diam suka membaca buku, lho! Kalau sobat Teknokra sukanya baca buku apa, sih? Yup! Sudah pasti buku fiksi. Meskipun sedang marak - maraknya buku tentang self-enpowerment atau self-improvement di toko buku kesayangan kalian, namun buku-buku fiksi tidak ada matinya.

Kali ini, kita akan mengulik apa saja genre yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya kawula muda. Apalagi banyak booklovers yang suka kasih rekomendasi dengan buku - buku yang pernah mereka baca, kan? Langsung saja kita mulai dari yang paling popular, yuk!

1. Romansa

Siapa sobat Teknokra yang paling anti sama genre ini? Setidak sukanya kalian dengan genre ini, jika disisipkan ke genre non-romansa bukannya sukanya lebih menjadi-jadi? Genre romansa atau romantis ini menjadi salah satu genre buku fiksi terfavorit dan terpopuler di kalangan anak muda Indonesia, sobat. Mulai dari cerita cinta monyet sampai kerumitan masalah rumah tangga selalu disuguhkan oleh penulis. Namun, beberapa orang mengungkapkan ketidaksukaan dengan genre ini karena beberapa penulis sering melebih - lebihkan atau menormalisasikan kisah cinta yang kemungkinan tidak terjadi di dunia nyata, misal anak pejabat yang jatuh cinta dengan petugas kebersihan. Walaupun begitu, genre ini menjadi genre incaran bagi anak muda yang membutuhkan cerita ringan.

2. Horor

Sampai sobat Teknokra tidak tahu genre ini, rasanya kalian baru keluar rumah, deh. Genre ini jadi salah satu incaran banyak pembaca Indonesia dengan segmentasi semua umur, sobat. Bahkan, orang tua juga banyak yang menggemari genre ini, lho! Kental dengan klenik dan khas kemistisan alam dunia lain membuat para pembaca juga bisa berimajinasi dengan dunia - dunia ataupun makhluk - makhluk gaib melalui kata - kata penulis. Biasanya, genre ini sering dikaitkan dengan genre lain, seperti aksi, petualangan, maupun thriller. Walaupun banyak juga yang tidak menyukai genre ini karena ketidak logisan, tetapi segmentasi pasar genre ini di Indonesia cukup menjanjikan, lho sobat!

3. Fantasi

Ingin lebih banyak berimajinasi? Genre ini memang cocok untuk sobat. Fantasi sendiri memiliki kelebihan dengan latar tempat dan waktu sesuai khayalan tanpa harus terikat dengan yang ada di dunia nyata. Biasanya, genre ini memerlukan imajinasi yang kuat untuk menghasilkan cerita yang berkualitas. Untuk penulis luar negeri banyak yang memakai genre ini sebagai genre utama dalam bukunya, tetapi masih jarang di Indonesia yang membuat genre fantasi dengan hasil yang memukau. Hanya ada segelintir penulis Indonesia yang dikenal anak muda melalui gugahan cerita fantasi, sebut saja Tere Liye dengan serial Bumi-nya.

4. Slice of Life

Cerita yang selalu relate dengan kehidupan sehari - hari, apalagi kalau bukan slice of life! Genre fiksi yang paling diburu oleh anak mahasiswa agar mendapat pencerahan melalui kata-kata motivasi, bukan? Selain relate dengan pahitnya kenyataan hidup, genre ini banyak memberikan pelajaran hidup, seperti kesehatan mental, mengatur keuangan, kesulitan hidup mandiri, dan masih banyak lagi. Memang hampir - hampir mirip dengan buku self-improvement, tetapi pembawaan genre ini lebih dalam gaya bernarasi melalui tokoh fiktif yang membawa isu - isu kejadian nyata dan lebih berfokus pada keadaan individu, sobat. 

5. Science Fiction (Sci-Fi)

Selain banyak diterapkan dalam film-film Hollywood, ternyata genre ini juga malang melintang di dunia perbukuan, lho! Genre fiksi ini masih dikategorikan memiliki kelogisan ilmiah dalam ceritanya, karena berhubungan dengan sains, di mana hal tersebut haruslah sesuai dengan apa yang disajikan di kehidupan nyata. Scifi menjadi salah satu daya tarik bagi pembaca yang membutuhkan cerita berbobot atau cerita ilmiah, tetapi disajikan dalam bentuk cerita.

Itu lima genre fiksi yang setidaknya paling populer di kalangan pembaca Indonesia, sobat. Meskipun masih banyak genre lain yang tidak kalah menarik, tetapi genre tadi masih tetap merajai hati para pembaca. Sampai adanya artikel ini, data di atas masih dapat berubah sesuai zaman. Namun, jangan khawatir bila ingin mendapatkannya, karena genre - genre di atas tidak pernah sepi peminat maupun menghilang di peredaran toko buku. (Penulis : Arali Tyasning)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel