5 Trik Pilih Kos Bagi Anak Rantau !

Teknokra.id - Siapa di sini yang anak rantau? Dengan semangat belajar dan berusaha menemukan hal-hal baru serta membangun relasi baru, dan rela meninggalkan daerah asal guna pergi ke kota orang, Bagi para anak rantau, sudah tentu diperlukan sebuah tempat tinggal yang dapat melindungi dari terik panas matahari dan guyuran hujan yang dingin, sekaligus berfungsi sebagai tempat istirahat setelah menjalani berbagai aktivitas perkuliahan yang menguras tenaga. Mari kita telusuri apa saja kelima trik tersebut!

1. Jarak Tempat Kos ke Kampus

Bila jarak yang jauh akan menambah biaya ekstra untuk transportasi. Karena itu, lebih baik memilih tempat kos yang berdekatan dengan kampus. Terlebih lagi, jika memungkinkan untuk ditempuh dengan berjalan kaki saja. Faktor lainnya adalah jam perkuliahan yang seringkali tidak tetap, oleh karena itu pilihan yang bijak adalah memilih kos yang lokasinya dekat dengan kampus

2. Keadaan Lingkungan Kos

Sebagian besar aktivitas akan dilakukan di kamar kos, maka sebaiknya melihat kondisi kamar kos terlebih dahulu. Pastikan bahwa pencahayaan sudah mencukupi. Jika terdapat jendela di dalam ruangan, maka pencahayaan akan masuk dengan baik. Jangan lupa untuk memeriksa sirkulasi udara di dalam kamar. Tentunya siapapun tidak ingin berada dalam lingkungan kos yang kotor dan tidak terawat, terlebih lagi jika dihuni oleh serangga dan hewan pengerat yang bisa mengganggu kenyamanan.

3. Fasilitas Kamar Mandi Dalam

Tidak dapat diabaikan bahwa kamar mandi adalah salah satu hal yang penting. Saat mencari tempat kost, bila memungkinkan, kamar mandi seharusnya menjadi pertimbangan utama. Hal ini disebabkan oleh pentingnya kamar mandi sebagai area yang patut diperhatikan. Pastikan kamar mandi berada dalam kondisi Sebaliknya, pilihlah kos-kosan yang memiliki kamar mandi yang memadai.

4. Fasilitas Internet dan Listrik

Tiap kos memiliki fasilitas sesuai dengan kemampuan finansial yang dikeluarkan. Namun, sangatlah penting untuk memilih kos yang sudah menyediakan layanan internet dan listrik dalam biaya sewa, hal ini akan membantu mengurangi pengeluaran bulanan.

5. Peraturan di Dalam Kos

Pemilik kos menetapkan berbagai peraturan demi menjaga tata tertib dan kenyamanan para penghuni. Dari banyaknya peraturan tersebut, penting bagi penghuni kos untuk mencari tahu peraturan yang paling sesuai. Sebagai contoh, ada peraturan tentang tertutup pagar kos pada pukul 21.00 WIB, yang mungkin akan mengganggu mereka yang terlibat dalam aktivitas organisasi dan sering pulang larut malam.

Beberapa trik di atas adalah cara untuk mempermudah kalian memilih kos yang nyaman, semoga bermanfaat!  (Penulis : Taufik Hidayah)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel