Tips Hindari Penyakit Saat Cuaca Panas

Teknokra.id - Hallo sobat teknokra, akhir-akhir ini cuaca di Bandar Lampung terasa sangat panas. Mengutip dari laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terpapar suhu panas dapat mengakibatkan kita terkena penyakit panas diantaranya kelelahan panas (heat exhaustion), sengatan panas ( heat stroek) dan hipertemia. Oleh karena itu kita perlu melakukan persiapan dalam menghadapi cuaca panas agar kita dapat sehat dan lancar dalam beraktivitas. 

Berikut adalah tips untuk sobat teknokra guna menghadapi cuaca panas: 

1. Minum air putih, jangan tunggu haus.

Mengkonsumsi air putih dapat mencegah terjadinya dehidrasi, selain itu air putih juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh. 

2. Perbanyak konsumsi buah - buahan

Selain memperbanyak asupan air putih, penting juga untuk banyak mengonsumsi buah-buahan saat cuaca panas. Terutama buah yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, dan jeruk. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh. 

3. Gunakan tabir surya atau sunscreen

Menggunakan sunscreen ditujukan untuk melindungi kulit dari sengatan sinar Ultra Violet(UV), selain itu sunscreen dapat membantu mencegah penuaan dini akibat sinar UV.

4. Kenakan pakaian berbahan katun dan hindari menggunakan baju berwarna gelap.

Penggunaan bahan katun bertujuan agar menyerap keringat lebih baik dan tidak menyimpan panas. Menghindari penggunaan baju berwarna gelap dapat mengurangi penyerapan panas ke tubuh. 

5. Gunakan payung dan topi.

Mengunakan pelindung tubuh , seperti payung dan topi, jika ingin beraktivitas di luar ruangan. Hal ini bermanfaat untuk menghindari paparan sinar matahari langsung pada kulit, yang dapat membuat kulit terbakar dan iritasi. 

Itulah tips yang dapat dilakukan ketika menghadapi cuaca panas. Semoga tips diatas dapat membantu sobat teknokra dalam melakukan segala aktivitas. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan diri, lingkungan dan istirahat yang cukup. (Penulis : Muhammad Hafiz Akbar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel