Vindland Saga Ajak Pelajari Bangsa Lewat Media Hiburan

Teknokra.id - Vindland Saga adalah karya terkenal mangaka Makoto yukimura yang terbit pada 13 April 2005, yang kemudian dijadikan anime pada 7 Juli 2019. Vindland Saga ini sendiri berlatar di wilayah Inggris yang sedang dikuasai oleh Denmark, oleh bangsa yang biasa disebut dengan Viking.

 

Cerita berfokus pada karakter utama yang bernama thorfinn seorang anak dari prajurit Viking terhebat, Thors.

Thorfinn yang masih kecil membangkang kepada ayahnya yang menyuruhnya tidak boleh ikut dalam pelayaran bersama penduduk desa lainnya, akhirnya ia menyelinap masuk ke kapal, dan ternyata kapal yang di tumpangi oleh ayah dan penduduk desa tersebut telah dijebak, sehingga mau tak mau Thors bertarung untuk melindungi pengikutnya, dalam pertarungan tersebut Thors kalah dengan sangat tidak adil hal itu membuat thorfiin marah dan ingin membalas dendam atas kematian ayahnya.

Thorfinn, protagonis dari serial ini, didasarkan pada Thorfinn Karlsefni, seorang penjelajah Islandia legendaris bernama. Nama ayah Karlsefni adalah Thord Horsehead, yang terdengar sangat mirip dengan nama ayah Thorfinn, Thors. 

Dalam manga ataupun anime nya akan memberitahu kita ekonomi pada masa itu, kehidupan orang yang ada pada era tersebut, serta kita dapat mempelajari Pengaturan geografis Vinland Saga terutama terdiri dari empat negara, yaitu Islandia, Inggris, Denmark, dan Vinland (Amerika Utara). Vindland Saga menggambarkan sejarah negara-negara ini kurang lebih akurat.

Vindland Saga sendiri terinspirasi dari kisah nyata tapi secara historis kurang, karna Makoto Yukimura sendiri menambahkan sedikit tambahan cerita untuk membuat jalan ceritanya menarik,

Makoto Yukimura juga mengambil refrensi dari catatan sejarah yang ada pada era ini menggunakan catatan The Flateyjarbók, The Saga of the Greenlanders, dan The Saga of Erik the Red. (Putra Alam Apriliandi)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel