Produk Google yang Membantu Mahasiswa, Kamu Sudah Pakai?

Teknokra.id- Mahasiswa yang menimba ilmu di zaman serba canggih seperti saat ini tentu diuntungkan dengan berbagai hal. Salah satunya adalah mudah memperoleh informasi dari banyak sumber. Selain membaca buku di perpustakaan, mahasiswa juga dapat mencari berbagai literatur tambahan di Google. 

Google adalah mesin pencari berbasis internet yang berguna untuk mencari apa saja yang dibutuhkan seorang mahasiswa. Dengan menuliskan atau mengetikkan kata kunci di kolom pencarian Google, maka dalam hitungan detik Anda akan disuguhkan dengan berbagai hasil yang ditampilkan.



Google telah berkembang dan menghasilkan produk-produk turunan yang memberikan layanan yang sangat membantu para penggunanya, tak terkecuali mahasiswa. Berikut ini adalah produk-produk google yang bisa Anda manfaatkan sebagai mahasiswa.

1. Google Search

Layanan google satu ini tentu tak asing untuk semua kalangan. Google Search merupakan layanan internet yang pertama dikenal masyarakat. Di Google Search Anda akan menemukan referensi jurnal ataupun ebook dengan mudah. Sangat membantu mahasiswa menyelesaikan tugas perkuliahannya.

2. Google Mail

Google Mail atau biasa dikenal Gmail merupakan layanan surat elektronik yang biasa digunakan untuk saling mengirim dan berbalas pesan melalui jaringan internet. Di kalangan mahasiswa dan perkuliahan gmail dijadikan alternatif dalam pengiriman pesan, file, gambar, dan video tugas-tugas kepada dosen. Pengiriman pesan melalui Gmail juga dinilai lebih formal dibandingkan berbalas chat menggunakan aplikasi lainnya.

3. Google Scholar

Produk Google satu ini menang cukup lekat dengan mahasiswa. Pasalnya Google Scholar seringkali dijadikan tempat mencari jurnal-jurnal atau publikasi penelitian dari dosen-dosen atau para peneliti di seluruh dunia. Dengan mengunjungi Google Scholar Anda akan sangat terbantu dalam mengumpulkan literatur pembelajaran ataupun literatur untuk penelitian Anda.

4. Google Drive

Google Drive dikenal dikalangan mahasiswa sebagai tempat penyimpanan file-file. Google Drive memberikan layanan dengan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis. Gdrive biasa dimanfaatkan mahasiswa sebagai tempat pengumpulan tugas kuliah. Di Gdrive juga, Anda dapat memilih dan membatasi akun Google yang dapat mengakses file yang Anda unggah.

5. Google Meet

Gmeet akhir-akhir ini populer karena digunakan sebagai sarana meeting jarak jauh selama pandemi covid-19. Tak hanya dimanfaatkan untuk meeting karyawan yang menjalani Work From Home (WFH), Gmeet juga dijadikan ruang kelas para mahasiswa selama pandemi. Sekarang walaupun pandemi sudah surut, Anda dapat menggunakan Gmeet sebagai sarana untuk belajar kelompok bersama teman-teman.

6. Google Translate

Produk Google satu ini memang sangat membantu mahasiswa dalam menerjemahkan bahasa asing. Saat ini Google Translate memiliki lebih dari 100 bahasa dunia, jadi Anda tak perlu khawatir buku pelajaran bahasa asing Anda tentu dapat diterjemahkan. 

Nah itu tadi beberapa produk Google yang sangat membantu dan sering digunakan mahasiswa. Namun, selain yang disebutkan di atas kamu juga dapat menggunakan produk Google yang lainnya untuk keperluan yang lain seperti Google Maps, Google Form, Google Books, Google Spreadsheet, dan masih banyak lagi. (Penulis: Antuk Nugrahaning P)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel