Ragam Jajanan Pasar Indonesia yang Wajib Dicoba

Teknokra.id- Indonesia memang dikenal dengan kulinernya yang lezat dan beragam. Tak hanya kuliner yang dijadikan makanan berat ataupun lauk, beragam jajanan tradisional pun turut hadir dalam daftar cemilan yang lezat dan unik di Indonesia. 

Berikut ini beberapa jajanan yang wajib kamu coba

 

1. Kue Putu

Kue Putu terbuat dari butiran kasar tepung beras yang diberi warna hijau. Saat menggigitnya, gula merah didalamnya akan meleleh dan lumer. Kue Putu dikenal dengan suara khas dari gerobak yang menjajakannya. Suara ini adalah suara yang dihasilkan pada proses memasaknya. Kue Putu dimasak menggunakan cetakan bambu yang diletakkan di atas lubang uap, dibawahnya terdapat air yang mendidih. Suara ini berasal dari uap kue putu yang melewati celah kecil cetakan kue yang terbuat dari bambu.

2. Onde-Onde

Onde-Onde merupakan makanan berbahan dasar tepung ketan yang didalamnya diisi dengan kacang hijau dan gula. Salah satu yang membuatnya unik adalah balutan butir-butir biji wijen di bagian luar. Perpaduan rasa manis dan gurih sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh hangat’

3. Klepon

Klepon bertekstur kenyal karena terbuat dari tepung ketan. Klepon biasanya diberi pewarna alami pandan. Di dalamnya terdapat gula merah cair, dan di bagian luar diselimutii kelapa parut. Hati-hati saat memakannya, karena gula merah lumer bisa saja mengotori tangan atau baju Anda.

4. Nagasari

Nagasari adalah jajanan yang terbungkus daun pisang. Terbuat dari tepung besar, tepung sagu, santan, dan gula pasir. Tambahan santan ini membuat rasanya menjadi gurih dan manis. Sebagai tambahan bagian dalamnya diberi isian potongan pisang.

5. Risoles

Jajanan satu ini tak kalah digemari. Risoles berisi sayuran seperti wortel dan kentang, dibungkus menggunakan kulit tipis yang terbuat dari tepung terigu. Bagian luarnya dibalut tepung panir membuat tampilannya menarik. Saat ini, risoles sudah banyak dimodifikasi bagian isiannya. beberapa orang menambahkan isian berupa keju, mayonnaise, smoked beef, telur, dan lainnya.

6. Lemper 

Lemper merupakan beras ketan yang dimasak menggunakan santan. Bagian dalamnya diberi isian ayam suwir atau abon. Ketan tersebut kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Bagian ujungnya kemudian dilipat menekuk ke dalam. Lemper juga seringkali disebut sebagai sushi khas Indonesia.

7. Bolu Kukus

Bolu kukus memiliki bentuk dan warna yang cantik. Bentuknya dibuat menyerupai bunga yang sedang mekar. Bolu kukus terbuat dari tepung terigu, gula, mentega, telur, dan soda. Kue satu ini diwadahi kertas khusus berwarna cantik, membuat tampilannya menyerupai cupcake. Jajajan ini terasa lembut dan manis saat dicicipi.

Nah, jajanan yang disebutkan di atas hanya segelintir dari jajanan pasar khas Indonesia. Anda dapat menemui jajanan ini di pasar-pasar tradisonal. Biasanya jajanan akan dijual dalam wadah dengan menampiilkan beragam warna-warni yang elok dan membuat ingin mencobanya.

(Penulis: Antuk Nugrahaning P)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel