Tips Diet Sehat Ala Ikigai

Teknokra.id- Istilah Ikigai diambil dari Bahasa Jepang, yakni “iki” yang artinya kehidupan dan “gai” bermakna nilai. Ikigai mendeskripsikan tentang makna atau nilai kehidupan dimana prinsip ini membuat hidup kita menjadi lebih seimbang, bermanfaat, dan bermakna.

Pada buku yang membahas filosofi Ikigai karya Hector Garcia dan Francesc Miralles berjudul IKIGAI Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang, terdapat satu bab yang mengulik cara diet sehat ala masyarakat Okinawa, Jepang.

Menurut World Health Organization (WHO), Jepang memiliki tingkat harapan hidup tertinggi dibanding negara lainnya seperti Swedia dan Amerika Serikat. 

Pada tahun 1940-1950 penduduk Okinawa memilki angka harapan hidup yang rendah akibat dampak Perang Dunia II, tetapi para penduduk Okinawa berhasil pulih dari keterpurukan. 

Dengan tingkat populasi udara yang sehat karena sedikitnya jumlah kendaraan dan pola hidup sehat seperti berjalan kaki, penduduk Okinawa juga menerapkan pola makan baik yang mendukung tingginya angka harapan hidup dan mendukung diet secara sehat versi penduduk Okinawa.

1. Membatasi Konsumsi Garam

Penduduk Okinawa mengonsumsi kurang dari 10 gram garam per hari, diet yang satu ini adalah usaha untuk mengurangi konsumsi garam (sodium/natrium) dalam kehidupan sehari-hari, tujuannya adalah untuk mengontrol tekanan darah agar terhindar dari hipertensi dan penyakit lainnya.

2. Konsumsi Sayuran dan Buah

Lebih dari 30 persen kalori harian penduduk Okinawa berasal dari sayuran, mereka setidaknya memakan lima porsi buah dan sayuran setiap harinya. 

3. Memakan Biji-Bijian

Sama halnya dengan Indonesia, masyarakat Jepang suka memakan nasi untuk kebutuhan pokok sehari-harinya. Masyarakat Okinawa memanfaatkan biji-bijian sebagai pengganti kebutuhan karbohidrat mereka.

4. Kurangi Konsumsi Gula

Secara umum penduduk Okinawa hanya mengonsumsi sepertiga gula dibanding populasi jepang lainnya. Jika memerlukan makanan dengan olahan gula, mereka akan mengonsumsi gula tebu.

5. Mempertimbangkan Kalori

Penduduk Okinawa mengonsumsi sedikit kalori, dimana rata-rata per hari hanya 1.785 dari angka kebiasaan manusia mengonsumsi 2.068 per hari.

6. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Terdapat sebuah konsep terkenal dari Jepang, yakni hara hachi bu merupakan prinsip berhenti makan sebelum kenyang. Penduduk Okinawa hanya membatasi 80 persen makanan yang masuk ke perut mereka.

7. Konsumsi Teh

Sanpin cha (minuman campuran teh hijau dan melati) biasa dikonsumsi penduduk Okinawa, rata-rata dari mereka meneguk 3 cangkir per hari, manfaat dari mengonsumsi teh sangat banyak untuk kesehatan sehingga dapat mendukung proses diet sehat yang dilakukan. (Penulis: Revina Azzahra).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel