Mengenal Puasa Arafah, Puasa Sunnah pada 9 Dzulhijjah

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Kali ini Teknokra.id akan membagikan informasi seputar puasa Arafah untuk kamu. Nah, sebelumnya kamu sudah tau belum apa itu puasa?

Puasa merupakan salah satu dari rukun Islam, yaitu rukun yang ketiga. Terdapat dua jenis puasa yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. 

Mengenal Puasa Arafah, Puasa Sunnah pada 9 Dzulhijjah

Puasa wajib adalah puasa yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim selama sebulan penuh di bulan suci Ramadhan dan barangsiapa meninggalkannya maka ia akan mendapat dosa. Sedangkan, ada puasa yang akan mendapat pahala apabila dikerjakan dan tidak mendapat dosa apabila ditinggalkan.  Yaps, itu adalah puasa sunnah. Terdapat beberapa puasa sunnah yang dianjurkan dalam Islam, salah satunya adalah puasa Arafah.

Sesuai dengan namanya, puasa ini dilakukan pada hari Arafah yaitu tanggal 9 Dzulhijjah. Hari tersebut bertepatan dengan para jemaah haji yang melaksanakan wukuf di padang Arafah, maka dari itu puasa tersebut disebut puasa Arafah.

Hukum dalam melaksanakan puasa Arafah adalah sunnah muakkad atau sunnah yang dianjurkan. Bahkan para ulama pun sangat menyarankan untuk melaksanakan ibadah puasa pada hari tersebut. 

Puasa Arafah memiliki beberapa keutamaan, salah satunya adalah sebagaimana yang tertera dalam hadits :
"Puasa hari Arafah pada 9 Dzulhijjah dapat menghapuskan dosa setahun yang telah lalu dan setahun yang akan datang" (H.R Muslim)

Lalu bagaimana dengan orang yang masih memiliki hutang puasa Ramadhan yang telah lalu? Mana yang lebih dulu, mengqada puasa terlebih dahulu atau ikut berpuasa Arafah? 

Terdapat 2 pendapat ulama mengenai hal tersebut. Namun, Ustad Adi Hidayat atau biasa disapa UAH, beliau berpendapat bahwa alangkah lebih baiknya apabila mendahulukan yang wajib terlebih dahulu karena tidak ada yang tau kapan kematian akan tiba. Meskipun hukum dalam menjalankan puasa di hari Arafah adalah sunnah muakkad, tetapi hukum dalam mengqada puasa adalah wajib. Maka dari itu, alangkah lebih apabila kita mendahulukan untuk mengerjakan yang wajib terlebih dahulu, Wallahu‘alam.

Itulah beberapa hal mengenai puasa Arafah dan keutamaannya. Semoga kita semua diberi kesempatan untuk melaksanakan ibadah tersebut pada 9 Dzulhijjah nanti (Penulis: Anolia Ramadhanty). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel