Ketahui 4 Kesalahan Logika ini yang Rawan Terjadi dalam Kehidupan

Teknokra.id - Berlogika atau berpikir logis kerap sekali dilakukan oleh manusia dalam menarik sebuah kesimpulan yang dianggap benar dan menghindarkan mereka dari kekeliruan. Namun, tahukah kamu, ternyata banyak kesalahan logika yang mereka anggap benar padahal tidak dan hal ini menjadi hal yang normal?

Nah, kali ini Teknokra.id akan membagikan informasi terkait kesalahan logika yang dianggap normal tersebut. Apa saja ya?

Ketahui 4 Kesalahan Logika ini yang Rawan Terjadi dalam Kehidupan

Berikut 4 kesalahan logika atau logical fallacy yang sering terjadi dalam kehidupan masyarakat.

1. Rombongan Kereta (Bandwagon)

Kesalahan logika satu ini, ketika seseorang melihat peristiwa yang tidak dapat dibenarkan, tetapi banyak orang yang telah melakukannya sehingga kesalahan tersebut dianggap benar.
Contoh: Ketika di suatu tempat banyak kumpulan sampah sehingga membuat masyarakat ikut-ikutan membuang sampah di tempat tersebut, padahal tempat itu bukan TPS (Tempat Pembuangan Sampah).

2. Argumenum Ad Ignorantiam

Logika yang argumennya sudah dinyatakan benar padahal belum dibuktikan salah, begitupun sebaliknya. Biasanya kesalahan logika ini terjadi karena adanya pengaruh mitos-mitos yang tersebar di kalangan masyarakat.
Contoh: Anggapan masyarakat bahwa minum es disaat haid dapat menghentikan dan mengubah siklus menstruasi dan menggumpalkan darah.

3. Kausa Palsu atau False Cause

Kausa palsu artinya hubungan sebab akibat yang sebenarnya tidak ada hubungannya.
Contoh: Hawa diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam, maka dari itu wanita selalu bergantung diri dan tidak bisa hidup tanpa pria. (Padahal maksud dari Hawa diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam itu artinya seorang wanita harus dimuliakan dan dijaga kehormatannya. Tentu wanita bisa menjadi mandiri walaupun tanpa pria sekalipun).

4. False Analogi

Kesalahan analogi adalah kekeliruan dalam menganalogikan dua permasalahan yang terlihat sama padahal tidak. Hal ini biasa terjadi dalam perkara yang memang sering ditemukan dalam kehidupan, padahal itu hanyalah kebetulan saja.
Contoh: Seseorang yang bermarga Batak pasti selalu terjun ke profesi di bidang hukum, oleh karena itu mahasiswa hukum selalu yang bermarga Batak. (Kenyataannya tidak semua mahasiswa hukum atau para ahli hukum berasal dari suku Batak).

Itu tadi 4 kesalahan berpikir logika yang rawan terjadi dalam kehidupan. Apakah kamu pernah berpikir salah seperti ke-4 logical fallacy di atas? (Penulis: Shaffa Riyadhul Jannah. M).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel