Mengenal Binge Watching dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Teknokra.id - Halo, sahabat Teknokra! Siapa nih yang hobinya drakoran atau netflixan sampe ga kenal waktu? Nonton drama korea dan marathon serial netflix udah jadi sahabat bagi sebagian orang. Bahkan menurut mereka begadang demi marathon drama dan serial adalah hal yang wajar.

Tapi kamu tahu ngga sih, menghabiskan waktu untuk menonton film atau drama termasuk ke dalam fenomena binge watching. Apabila kebiasaan ini terus menerus dilakukan, tentu akan berbahaya bagi kesehatan fisik maupun mental kamu, lho!

Mengenal Binge Watching dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Mengenal Binge Watching

Binge watching merupakan istilah yang digunakan untuk kegiatan menonton film atau series secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh Netflix yang merupakan layanan video on demand ternama pada tahun 2013. Kegiatan menonton ini biasanya dilakukan di tengah banyaknya waktu luang sehingga seringkali lupa waktu karena keasyikan menonton.

Fenomena binge watching ini muncul lantaran banyaknya aplikasi streaming yang digandrungi generasi millenial maupun generasi z. Namun, di balik kemudahan dalam mengakses hiburan, tentunya terdapat bahaya binge watching yang selain dapat menyebabkan ketagihan/adiksi, juga memiliki efek buruk terhadap kesehatan.

Dampak Binge Watching bagi Kesehatan

• Kecanduan

Saat menonton film, drama, atau serial yang kamu sukai tanpa sadar otak akan melepaskan hormon dopamin yang membuat kamu merasa nyaman, senang, yang berujung pada kepuasan. Semakin sering kamu menonton, maka semakin tinggi juga kadar dopamin dalam tubuh kamu. Ketika satu episode sudah habis, bisa saja seolah-olah merasakan ketagihan untuk kembali mendapatkan rasa senang, dan akhirnya melanjutkan ke episode selanjutnya.

• Mengganggu Hubungan Sosial

Binge watching juga membawa dampak negatif bagi kehidupan sosial. Kebiasaan menonton film secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama dapat membatasi waktu untuk berinteraksi dengan orang lain.

Apabila binge watching sudah dilakukan sejak anak-anak, tentu saja hal ini bisa berpengaruh terhadap cara mereka dalam berinteraksi dengan orang lain. Anak-anak akan menjadi lebih sering menghabiskan waktu untuk menonton dan cenderung berperilaku antisosial hingga bisa menyebabkan gangguan kepribadian lainnya.

• Jam Tidur Terganggu

Fenomena binge watching ini tentu akan mengganggu jam tidur kamu. Sehingga kamu akan sering begadang dan merusak kualitas tidur. Akibatnya, kamu akan merasa lelah dan tidak bertenaga keesokan harinya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, apa itu binge watching dan dampaknya bagi kesehatan. Jangan berlebihan dalam menonton, ya, teman-teman! Kesehatan kamu lebih penting!! See u in the next article >__< (Penulis: Nadila Wulandari).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel