Mengenal Bank Sampah Emak.id, Ubah Sampah Jadi Rupiah

Teknokra.id - Saat ini, sampah atau sisa-sisa material yang sudah tidak digunakan lagi semakin menggunung. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu masyarakat. Selain karena menyebabkan ketidaknyamanan, lingkungan yang banyak sampahnya juga tidak indah untuk dipandang. Hal ini dirasakan pula oleh masyarakat di wilayah Provinsi Lampung. 

Bank Sampah Emak.id atau BSE merupakan gerakan sosial dari masyarakat yang dibentuk dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan serta membangkitkan ekonomi masyarakat. Bank sampah induk ini berbasis di Provinsi Lampung. 

Mengenal Bank Sampah Emak.id, Ubah Sampah Jadi Rupiah

Nah, kali ini Teknokra.id akan membagikan informasi seputar Bank Sampah Emak.id. Yuk simak selengkapnya!

Visi dan Misi dari dibentuknya Bank Sampah Emak.id

Visi : 

Terwujudnya Lingkungan yang bersih dan sehat serta ekonomi masyarakat yang sejahtera tahun 2030.

Misi : 

  1. Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan masyarakat
  2. Meningkatkan ekonomi masyarakat
  3. Memberdayakan potensi ibu rumah tangga di masyarakat

Sebagai lembaga pengelola sampah kering dengan platform digital di Provinsi Lampung, Bank Sampah Emak.id diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam memilah dan menabung sampah yang memang memiliki nilai ekonomis. Jadi, selain menciptakan lingkungan menjadi bersih dan menciptakan kepedulian antar masyarakat terhadap sesama serta lingkungan, Bank Sampah Emak.id juga mengajak masyarakat untuk mendapatkan keuntungan, melalui penukaran sampah tersebut. Seperti kata pepatah, sambil menyelam minum air.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari Bank Sampah Emak.id tersebut?

Cara mendapatkan keuntungan tersebut yaitu dengan mendaftarkan diri menjadi nasabah dan menukarkan sampah yang dimiliki yang sekiranya bernilai ekonomis. Lalu nasabah akan diberi beberapa pilihan rencana bentuk tabungan dari hasil penukaran sampah tersebut, diantaranya
  1. Tabungan uang
  2. Tabungan emas
  3. Donasi untuk yatim dan duafa
  4. Tabungan pulsa, token, BPJS, maupun E-wallet
  5. Tabungan pangan
  6. Tabungan Aqiqah dan Qurban

Seiring barjalannya waktu, nasabah dari Bank Sampah Emak.id semakin meningkat. Tentunya hal tersebut sangat membantu pemerintah juga masyarakat dalam mengurangi jumlah sampah yang ada di lingkungan daerah Provinsi Lampung.

Daripada sampah yang kita hasilkan dibuang secara cuma-cuma, lebih baik kan sampah tersebut kita pilah dan tabung di bank sampah Emak.id. Ubah sampah menjadi rupiah yuk! (Penulis: Anolia Ramadhanty).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel