Gunung Seminung, Salah Satu Destinasi Favorit di Lampung

Teknokra.id - Gunung Seminung atau yang lebih dikenal dengan Mt (Mount) Seminung merupakan salah satu gunung yang sering disebut sebagai gunung antar-provinsi. Hal ini dikarenakan Gunung Seminung terletak pada perbatasan antara Kec. Sukau, Kab. Lampung Barat, Prov. Lampung dengan Kec. Banding Agung, Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan.

Untuk menuju ke Gunung Seminung dari ibu kota Bandarlampung dibutuhkan waktu 7-8 jam tergantung seberapa cepat pengendara. Gunung Seminung sendiri memiliki ketinggian sekitar 1881 meter di atas permukaan laut dan memiliki medan yang cukup ekstrem. Apalagi jika kita naik ke puncak ketika hujan/setelah hujan, maka medan di sana sangat licin sehingga kita perlu sangat berhati-hati setiap langkahnya.

Gunung Seminung, Salah Satu Destinasi Favorit di Lampung

Para pendaki biasanya menempuh waktu perjalanan rata-rata 4-5 jam untuk menuju puncak melalui Jalur Lumbok. Terlepas dari hal itu, seberapa lama waktu pendaki ini bergantung pada seberapa cepat explorer.

Untuk mendaki Gunung Seminung, pengelola setempat telah menetapkan tarif untuk per orang dan perkendaraannya. Eits, tenang saja guys! Tarif yang diambil juga masih cukup terjangkau kok! Yaitu Rp10.000,- untuk perorangnya dan Rp15.000,- permotornya untuk Jalur Lumbok.

Ada dua jalur resmi yang dibuka pada Gunung Seminung. Pertama adalah Jalur Lumbok yang mana bisa ditempuh lebih cepat daripada jalur kedua. Jalur kedua adalah Jalur Kota Baru yang memakan waktu cukup lama untuk sampai di puncak dan tentunya memakan lebih banyak biaya juga karena perlu menyeberangi danau terlebih dahulu.

Di puncak Gunung Seminung terdapat Campground gunung yang hanya terdapat vegetasi kecil saja. Contohnya alang-alang dan sangat berbahaya jika mendirikan tenda di tempat yang terlalu terbuka karena rawan akan badainya. Perlu di ingat, para pendaki harus membawa persediaan air yang cukup dikarenakan di Gunung Seminung mulai dari pos 1 hingga puncak tidak terdapat sumber mata air.

Lalu, apa sih yang menarik dari Gunung Seminung? Gunung Seminung memiliki daya tariknya sendiri, yaitu kita bisa menikmati danau ranau yang berada di bawah kaki gunung dari atas ketinggian. Selain itu, kita bisa menikmati birunya air danau disertai kuningnya cahaya matahari yang akan tenggelam bila cuacanya memungkinkan. Suasana ini tentu saja bisa membuat hati dan pikiranmu merasa damai hanya dengan melihat keindahan alamnya.

Nah, itulah informasi terkait Gunung Seminung. Bagi kamu yang memiliki hobi mendaki, atau ingin mencoba mendaki, Gunung Seminung bisa menjadi pilihanmu loh. Bagaimana menurutmu? (Penulis: Aldi Afreza).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel