Tips Menggunakan Retinol Agar Minim Iritasi

Teknokra.id - Retinol adalah salah satu bentuk dari vitamin A yang berfungsi untuk mempercepat regenerasi kulit. Retinol biasanya terdapat dalam produk skincare yang ditujukan untuk anti aging. Karena fungsinya yang bertujuan untuk anti aging, penggunaan retinol mulai dianjurkan sejak usia 20 tahun.

Selain berfungsi untuk mempercepat regenerasi kulit, retinol juga memiliki manfaat lain diantaranya merangsang pertumbuhan kolagen, merawat kulit yang berjerawat, mengurangi minyak pada kulit, mengurangi hiperpegmentasi, dan mengurangi kerutan. 


Namun kandungan skincare yang kerap kali disebut sebagai dewa karena bisa menyelesaikan banyak permasalahan kulit wajah ini, ternyata miliki banyak risiko. Terlebih jika dalam penggunaannya tidak dengan cara yang tepat. Beberapa risiko tersebut diantaranya menyebabkan kemerahan pada kulit, iritasi, kulit kering, bahkan hingga kulit mengelupas.

Menurut dr. Yessica Tania, atau dr. Zie ada 2 hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan retinol yaitu : 

1. Fokus kepada basic skincare. Sebaiknya, fokuskan terlebih dahulu kulit wajah pada penggunaan basic skincare, yaitu sabun, pelembab, dan sunscreen. Penambahan retinol pada skincare routine bisa mulai dilakukan apabila basic skincare sudah digunakan dengan baik dan benar.

2. Apabila tidak memiliki permasalahan pada kulit, sebaiknya penggunaan retinol dimulai pada usia 20 tahun keatas agar dapat difokuskan untuk anti aging, kecuali jika pada wajah sudah ditemukan               permasalahan kulit seperti jerawat, garis halus, bintik hitam, atau warna kulit tidak merata, penggunaan retinol bisa dimulai walaupun belum berusia 20 tahun. 

Berikut beberapa tips dalam penggunaan retinol agar minim iritasi :

1. Bagi pemula, penggunaan retinol bisa dimulai dengan 1-2 kali dalam seminggu.

2. Menggunakan produk dengan presentasi retinol yang rendah terlebih dahulu.

3. Menggunakan teknik sandwich saat menggunakan retinol, yaitu dengan menggunakan pelembab terlebih dahulu, lalu dilanjut dengan penggunaan retinol, dan kemudian ditutup dengan penggunaan pelembab kembali sebagai step terakhir.

4. Batasi dahulu penggunaan skincare yang mengandung bahan aktif dan memiliki fungsi atau efek samping yang sama dengan retinol seperti AHA BHA.

5. Gunakan produk retinol pada malam hari

6. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen pada keesokan harinya apabila saat malam sebelumnya telah menggunakan produk retinol. 

Beberapa produk yang mengandung retinol yaitu Kiehls Retinol Skin Renewing Daily Micro Dose Serum, Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol, Avoskin Miraculous Retinol Ampoule, dan masih banyak lagi. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mencobanya?(Penulis: Anolia Rahmadhanty).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel