Arboretum Unila, Tempat Koleksi Tumbuhan Langka

Teknokra.id - Universitas Lampung (Unila) yang kerap dijuluki kampus hijau memiliki tempat bernama arboretum. Arboretum adalah tempat koleksi botani, berupa taman botani atau ruang terbuka hijau yang berisi koleksi tumbuhan berkayu berupa pohon, dimaksudkan untuk penelitian dan atau pendidikan.

Arboretum ini dibangun pada tahun 1996 dan lebih dari 90 jenis pohon. Selain sebagai sarana pendidikan, penelitian, dan pelatihan adalah sebagai objek rekreasi/wisata edukasi terkait ekosistem hutan.


Tujuan dari arboretum ini adalah:

1. mengoleksi berbagai jenis pohon dalam rangka konservasi sumber daya alam hayati

2. Menyediakan laboratorium alam sebagai tempat penelitian alam hayati

3. Menyediakan laboratorium alam sebagai tempat pendidikan dialam bagi semua kalangan dan tingkatan pendidikan

Kemudian selain itu dapat memperindah lokasi, mengurangi pencemaran, mengendalikan iklim mikro, mengendalikan siklus air serta habitat satwa. Dalam mendukung program SDGs dan Greenmetric Universitas Lampung (Unila), Fakultas Pertanian Unila mempublikasi penelitian tentang Arboretrum Unila, meliputi publikasi penelitian internasional dan nasional.

Nah itu tadi penjelasan sekilas tentang arboretum Unila, yang mana mungkin diantara kalian masih asing atau bahkan ada yang belum tau sama sekali, terutama mahasiswa Unila(Penulis: Pratiwi Dwi Lestari).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel