Pulau Pahawang, Surga Wisata Bawah Laut nan Eksotis

Teknokra.id - Hamparan pasir putih dengan gradiasi warna biru lautnya, diiringi deburan pantai ditepi pantai nan bersih menjadi penyambut ucapan selamat datang di Pulau Pahawang. Pulau yang menjadi salahsatu destinasi wisata andalan di Lampung. Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Pesawaran. Salahsatu kabupaten yang menyimpan potensi alam yang indah. 

Pada saat hari libur panjang, dari keluarga terdekat, kerabat dan pasangan sudah menjadi syarat wajib untuk berlibur ditempat ini. Dari media sosial tentang keindahan Pulau Pahawang banyak memancing rasa penasaran untuk menikmati keindahan pantai disana. Begitu juga dengan kami yang mengisi waktu liburan dengan berlibur ke Pantai Pahawang.



Dimulai dengan pesiapan yang panjang kami siap berangkat menuju Pulau Pahawang untuk berlibur. Tak perlu waktu lama bagi kami yang sudah mulai beranjak dari kota Bandar Lampung sejak pukul 08.00 WIB. Perjalanan kami dengan menggunakan mobil angkot membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai tujuan. Sebelum sampai ke Pulau Pahawang yang tempat tujuan utama, kami harus menuju ke Pelabuhan Ketapang. 

Sampainya di pelabuhan ketapang kami disuguhkan cuaca yang tidak terlalu panas dengan suara desiran ombak yang tenang membuat kami semakin semangat untuk melanjutkan perjalanan. Saat di Pelabuhan Ketapang, kita bisa membeli barang-barang atau kebutuhan sebelum menyebrang ke pulau- pulau yang ada. Tak hanya itu, berbagai macam souvenir dan aksesoris banyak yang dijual oleh para pedagang disana. Adapun sebelum melanjutkan perjalanan, kita diharuskan melakukan pendaftaran dan pembayaran melalui loket untuk penyebrangan menggunakan kapal.

Perjalanan menuju Pulau Pahawang memakan waktu kurang setengah jam meggunakan kapal Dermaga Ketapang. Wisata ini berada di tepatnya di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Lokasi Pulau Pahawang yang berada tidak jauh dari pusat kota Bandarlampung membuat akses menuju pulau ini menjadi cukup mudah. Sebelum sampai di Pelabuhan Ketapang, kendaraan yang membawa kami melawati pantai-pantai cantik lainya seperti Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, Pantai Klara dan masih ada pantai lainnya.

Saat berada di kapal, pemandangan laut biru dan awan membuat kami terlena. Sehingga dalam perjalanan di kapal terasa begitu cepat berlalu. Hingga akhirnya tibalah kami di tempat tujuan kami yaitu Pulau Pahawang . Pilihan kami jatuh pada salah satu pantai disana. Kami sangat penasaran dengan pantai tersebut. Sebab destinasi yang indah ini sangat terkenal dengan anemon laut yang indah dan ikan badut alias nemo.

Setelah beberapa saat, akhirnya kami sudah melihat pulau kecil tak jauh dari penglihatan kami. Sudah pasti pertanda bahwa tujuan kami ke Pulau Pahawang semakin dekat. Deburan ombak seolah mendorong kapal kami untuk cepat kedaratan Pulau Pahawang. 

Tak butuh waktu lama, kami pun bergegas masuk. Untuk masuk ke area Pulau tidak perlu membayar biaya apaun alias gratis. Adapun mengenai tempat tinggal, para pengunjung tak perlu khawatir. Di Pulau Pahawang disediakan banyak tempat penginapan seperti homestay atau villa. Namun jika ingin mengunakan pondok yang berada disekitar pantai dikenakan biaya RP. 50.000 

Saat sampai di Pulau Pahawang, kami langsung mendengar suara gemuruh ombak yang sangat jelas terdengar. Aroma pantai pun tercium begitu tajam. Tak sampai disitu, mata kami kembali dibuat terpana oleh hamparan pasir putih dan halus serta laut yang bersih di pinggir pantai. 

Keindahan Pulau Pahawang memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satu keistimewaan pulau ini terletak pada terumbu karang yang indah. Maka ketika sampai di pantai ini, banyak wisatawan sudah pasti juga melakukan snorkeling. Bagi pengunjung yang senang berenang atau menyelam, di tempat ini juga menyediakan penyewaan peralatan snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut.

Menengok ke arah barat di sore hari dari Pulau Pahawang mata kami dimanjakan dengan indahnya matahari tenggelam atau sunset dengan ditemanin pohon bakau dan secangkir kopi. Pulau pahawang sangat lah cocok untuk yang orang yang butuh ketenangan jauh dari karut marut perkotaan cocok dengan suasana yang tenang dan sepi.

Sampai saat ini Pulau Pahawang masih menjadi destinasi favorit di lampung, Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan saat Anda mengunjungi Pulau Pahawang, mulai dari memancing, snorkeling, hingga diving. Bagi para peunjung yang ingin merasakan sensasi menginap di pulau tak berpenghuni, Pulau Pahawang Kecil menawarkan resort dengan berbagai fasilitas menarik, salah satunya adalah penginapan dengan pemandangan pantai yang indah. 

Tentunya berkunjung ke pahawang sebuah pengalaman yang sunguh indah dan menyenangkan dari snorkeling melihat keindahan bawah laut, minikmati sunset, dan berfoto di beberpa spot yang sangat bagus bersama kerabat atau teman dekat kita(Penulis: M. Rifqi Mundayyin).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel