4 Metode Belajar Paling Efektif

Teknokra.id -  Bagi sebagian orang belajar merupakan kegiatan yang membosankan. Membaca buku sepanjang waktu, bukan tambah ilmu tapi tetap nggak tau apa-apa.  Tak ayal, belajar jadi kegiatan yang sering ditinggalkan. Hemm, belajar emang bisa jadi membosankan kalau kamu nggak menggunakan metode yang tepat untuk belajar. Tapi kalau udah ketemu yang pas, belajar juga bisa buat ketagihan loh.

Ada beberapa metode belajar yang bisa kamu gunakan agar belajar kamu lebih menyenangkan. Tentu ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan belajar kamu. Berikut ulasannya,



1. Faynman

Metode ini jadi salah satu metode yang paling efektif dan sering digunakan. Konsep dari metode belajar ini adalah dengan mempelajari materi yang ingin dipelajari, kemudian menjabarkan materi tersebut  kepada orang lain. Melalui metode belajar ini, kamu akan mengingat kembali materi-materi yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

2. Pomodoro

Teknik belajar yang satu ini mungkin masih asing ditelingamu. Teknik pomodoro merupakan teknik yang menggunakan timer atau waktu saat belajar. Misalnya, setiap 30 menit belajar kemudian 10 menit istirahat.

3. Mind Mapping

Mind Mapping merupakan teknik belajar yang memaksimalkan kinerja otak kanan dan otak kiri. Teknik belajar ini dilakukan dengan mengelompokkan beberapa ide dalam bentuk kerangka terstruktur. Untuk membuat kerangka tersebut, mulailah dengan buat ide atau topik dari materi yang akan dipelajari, kemudian buat cabang-cabang yang mengarah pada sub topik, dan kemudian bisa dipecah ke sub yang lebih kecil lagi.

4. Spaced Practice

Buat kamu yang susah fokus dalam waktu lama, mungkin ini bisa jadi metode yang efektif. Teknik belajar satu ini dilakukan dengan memecah jam belajar menjadi beberapa waktu. Kamu bisa membagi satu bab pelajaran ke dalam beberapa kali waktu belajar. Dalam pembagiannya, bisa dalam satu hari atau dengan hari yang berbeda.

Ini dia 4 metode belajar efektif yang bisa kamu gunakan. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kamu, dan mulailah belajar dengan benar. Semoga bermanfaat(Penulis: Sandra Puspita).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel