Juvenille Justice, Drama Tentang Hukum Pidana Anak

Teknokra.id - Juvenille Justice merupakan Series Drama Korea Selatan yang disutradarai oleh Hong Jong-chan dan dibintangi oleh Kim Hye-soo, Kim Mu-yeol, dan Lee Sung-min. Drama ini tayang sejak 25 Februari 2022 lalu di Netflix dengan jumlah 10 episode. 

Berbeda dengan Drama Korea kebanyakan yang biasanya mengangkat tema romansa, thriller, dan komedi, drama satu ini bernuansa pengadilan. Yups! Layaknya di kehidupan nyata, drama ini disuguhi berbagai macam kasus, di mana anak-anak yang menjadi pelaku atau korban kekerasan yang terjadi di kehidupan sehari-hari. 


Di awal, penonton akan dibawa ikut serta memecahkan kasus pembunuhan mutilasi oleh anak usia 13 tahun kepada orang yang tidak dikenal. Bersama Hakim Shim Eun Seok sebagai Hakim Anak yang mengadili kasus-kasus kriminal anak, penonton akan terkesima dengan karakter hakim Shim Eun Seok. 

Drama ini memperlihatkan adanya kontroversi terhadap Undang-Undang Sistem Peradilan Anak di Korea Selatan. Sebab anak dibawah umur yang melakukan tindak kriminal akan mendapat pengurangan hukuman dan pembinaan diri terhadap anak tersebut. Hal ini sekalipun si anak adalah pelaku kriminal berat seperti pelaku pembunuhan.

Dengan begitu banyak kasus-kasus kriminal pada anak yang perlu diadili, dari kasus pembunuhan, kekerasan seksual, kekerasan rumah tangga, pencurian, dan sebagainya, drama ini berhasil membuat penontonnya tidak merasa bosan. Malah tergiur untuk menikmati drama dengan nuansa pengadilan tersebut. Penonton pun akan dibuat greget di setiap episode, karena banyak kasus kejahatan atau tindak pidana yang dilakukan oleh anak di bawah umur. Seakan-akan hukum akan melindungi mereka, bukan malah menjerat mereka. 

Film ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang merupakan mahasiswa dari jurusan hukum, karena membuka perspektif kita tentang perbuatan kriminal yang dilakukan oleh anak di bawah umur dan bagaimana cara tepat untuk mengadilinya. Melalui film ini kamu juga bisa membandingkannya dengan Undang-Undang Peradilan Anak di Indonesia. Tentunya, sangat menarik bukan? Membuat otak kita menjadi mind blowing.

Itu tadi, sedikit review drama Juvenille Justice. Apakah kamu tertarik untuk menonton drama dengan nuansa Anti-Mainstream satu ini? Kamu bisa menontonnya di Netflix (Penulis: Shaffa Riyadhul Jannah. M).





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel