Muslim Wajib Tau, Berikut 7 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di hari Jum’at

 Teknokra.id - Al-qur'an merupakan kitab suci bagi umat muslim. Al-qur'an terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan 6236 ayat. Setiap ayat Al-qur'an yang kita baca, tentunya mendatangkan manfaat kebaikan serta pahala yang berlipat ganda. Bahkan disebutkan dalam hadits bahwa setiap satu huruf yang dibaca dalam Al-quran akan dibalas dengan satu kebaikan yang akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kebaikan.

Dalam membaca Al-qur'an, memang tidak ada ketentuan atau pemilihan waktu secara khusus. Namun ada beberapa surat dalam Al-qur'an yang memiliki keutamaannya masing-masing, salah satunya adalah surat Al-Kahfi.Surat Al-Kahfi merupakan surat ke-18 dalam Al-qur'an yang terdiri dari 110 ayat. Surat ini merupakan bagian penengah antara juz 15-16, karena ayat-ayatnya yang berada di akhir juz 15 sampai di awal juz 16.


Dalam surat ini, terdapat 4 kisah yang pastinya mengandung makna serta hikmah yang dapat menjadi pelajaran bagi umat muslim, dan salah satunya adalah kisah tentang Ashabul Kahfi yaitu para pemuda yang berserah diri kepada Allah SWT saat menghadapi kedzaliman.

Tidak hanya itu, surat Al-Kahfi juga memiliki 7 keutamaan apabila dibaca pada hari Jum’at, yaitu : 

1. Menghindarkan diri dari fitnah Dajjal

2. Diampuni dosa-dosanya diantara 2 Jum’at

3. Rumah yang dibacakan surat Al-Kahfi tidak akan dimasuki setan sepanjang malam

4. Dipancarkan cahaya sejauh dirinya dan Ka’bah

5. Dipancarkan cahaya diantara dua Jum’at

6. Dijaga dari dosa diantara dua Jum’at

7. Disinari pada hari kiamat

Itulah beberapa keutamaan yang akan kita dapat apabila membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at. Dan karena hari ini adalah hari Jum’at, maka mari kita membaca surat Al-Kahfi agar mendapat keutamaan tersebut (Penulis: Anolia Ramadhanty).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel