Upgrade Diri Menjadi Lebih Produktif

Teknokra.id - Saat ini, milenial banyak yang terlena dengan kemajuan teknologi dan berakhir menjadi malas setiap harinya. Padahal dari pada sibuk dengan gawai, banyak hal bemanfaat yang bisa dilakukan. Diantaranya mengupgrade diri dimulai dari hal kecil. Contohnya seperti membaca buku ataupun membuat resep masakan rumahan. Hal - hal tersebut sering dianggap sepele, padahal hal tersebut sama  dengan mengupgrade diri secara bertahap. 

Sifat malas adalah dampak dari kurangnya kecakapan dalam mengatur waktu dan kurangnya disiplin diri (Bella & Ratna, 2018). Step selanjutnya yaitu mengatur waktu. Mengatur waktu adalah hal utama dalam membuat diri menjadi produktif. Waktu makan dan belajar menjadi acuan bagi semua aktivitas kita. Jika waktu makan dan belajar tidak teratur, maka waktu untuk beraktivitas lain akan bertabrakan.

Kurangnya kecakapan dalam mengatur waktu akan berpengaruh dalam disiplin dalam diri sendiri. Lalu untuk mengatur disiplin dalam diri, kita dapat memulainya dengan membuat wishlist kegiatan yang akan kita lakukan per harinya. Wishlist tersebut akan sangat berdampak jika kita (si pembuat list) melakukannya dengan tepat waktu.

Jika kita sudah melakukan wishlist kegiatan kita per harinya dengan tepat waktu, maka hal yang selanjutnya harus dilakukan adalah mencantumkam kegiatan baru yang ada di wishlist kita. Dengan begitu, pelan pelan kita akan menemukan kebiasaan baru di luar zona nyaman kita. Sembari melakukan wishlist kegiatan kita, dapat diselingi dengan melakukan kegiatan yang kita sukai seperti menonton film kesukaan. 

Step selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan memperbanyak teman atau relasi. Relasi yang efektif yaitu relasi yang real, apa itu relasi yang real? Relasi real adalah relasi yang berwujud nyata, nyata berarti bisa dilihat dan disentuh. Mengapa harus relasi real? Karena relasi nyata akan berinteraksi secara langsung dengan kita, dan memudahkan kita mengenal orang tersebut. Relasi real dapat kita temui di tempat umum, organisasi kampus, atau sebagainya. Tetapi, dalam mendapatkan relasi nyata ini kamu harus selektif dalam memilihnya. Karena tidak semua manusia akan berlaku sama seperti yang kamu lakukan ke orang itu.

Berikut tadi beberapa tips yang harus kalian coba secara bertahap untuk upgrade diri. Daripada menghabiskan waktu dengan hal yang kurang berguna, mending kita uprgrade diri menjadi lebih produktif! (Penulis:Rara Maharani Bintang Lampung).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel