Ungkap Di Mana Pusat Bumi

Teknokra.id - Pusat bumi merupakan bagian paling tengah dari sebuah bentuk, atau bagian yang mengendalikan proses. Pusat bumi pada dasarnya berada tepat di bawah tapak kaki kita.

Mungkin banyak yang tidak tahu di mana sebenarnya pusat bumi. Apakah kamu juga penasaran terkait di mana letak pusat bumi? Lalu sebenarnya di mana pusat bumi tersebut?

Ungkap Di Mana Pusat Bumi

Para ilmuwan dari Cina dan Amerika Serikat mendapat pemahaman baru tentang inti paling dalam planet bumi, yaitu memiliki daerah yang berbeda pada pusatnya. Tanpa melakukan pengeboran pusat bumi, susunannya tetap menjadi sebuah misteri.

Oleh karena itu, para ilmuwan mengkaji pusat inti bumi dengan cara menganalisa bagaimana gema berubah saat bergerak menembus sejumlah lapisan planet. Profesor Xiaodong Song akhirnya mendapatkan jawaban dari pertanyannya bahwa ada sejumlah gelombang bolak-balik melambung dari satu bagian bumi ke bagian lain planet.

Beliau mengatakan kristal pada "inti paling dalam" yang terkait dengan arah Timur ke Barat, akan berbalik jika kamu melihat bumi dari bagian atas Kutub Utara. Sehingga data ini mengisyaratkan inti dalam bumi, daerah padat seukuran bulan yang terdiri dari dua bagian.

Akhirnya The Egyptian Scholar of the Sun and Space Reserch Center di Kairo memublikasikan hasil penelitian Profesor Hussain Kamel yang menemukan sebuah fakta bahwa Makkah adalah pusat bumi. Awalnya ia mulai menggambar suatu lingkaran dengan Makkah sebagai titik pusatnya, dan garis luar lingkaran adalah benua-benuanya.

Lalu dengan bantuan topografi tahun-90 an, secara ilmiah lempengan-lempengan bumi terbentuk selama usia geologi yang panjang, bergerak secara teratur di sekitar lempengan Arab. Sehingga lempengan-lempengan itu terus-menerus memusat ke arah Makkah. Selain itu, Arab Saudi juga merespon dengan memulai proyek besar mengganti rujukan waktu dunia dari GMT (Greenwich Mean Time) menjadi Makkah Mukarromah Time ( MMT).

Sehingga ia menyimpulkan kedudukan Makkah memang berada di tengah-tengah dataran bumi. Oleh karena itu, peran Ka’bah di Masjidil Haram selain sebagai penyatu umat merupakan pusat dari bumi. 

Nah, itulah penjelasan singkat terkait letak pusat bumi. Semoga bermanfaat (Penulis: Dian Ayu N)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel