Perbedaan Antara Kebudayaan dan Peradaban Lengkap dengan Contohnya

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Pernah ga sih kamu merasa bingung dalam membedakan kebudayaan dan peradaban? Sebagai makhluk sosial yang telah hidup sejak puluhan bahkan ribuan tahun, manusia tentu memiliki kebudayaan dan peradaban yang berbeda-beda. 

Kebudayaan yang diyakini oleh manusia tentu dapat terjadi karena suatu faktor, baik lingkungan, pola pikir, pola hidup, dan lainnya. Sedangkan, peradaban tentu mengalami perubahan dari masa ke masa mengikuti kemajuan pola pikir manusia yang semakin berkembang.

Perbedaan Antara Kebudayaan dan Peradaban Lengkap dengan Contohnya

Kali ini Teknokra.id akan memberitahu kamu apa saja perbedaan antara kebudayaan dengan peradaban.
Yuk kita simak pembahasannya!

Pertama

Perbedaan yang pertama antara kebudayaan dengan peradaban yakni, kebudayaan merupakan suatu pola pikir, tingkah laku, dan pola hidup yang dijadikan acuan sebagai penggambaran jati diri atau ciri khas dari suatu kelompok tertentu. Sedangkan, peradaban merupakan pola pengembangan kehidupan yang ditentukan oleh manusia untuk memajukan kebutuhan kehidupan manusia yang luas.

Kedua

Kebudayaan dapat terbentuk tanpa adanya peradaban, sedangkan peradaban tidak dapat terbentuk jika kebudayaan tidak ada. Hal ini disebabkan peradaban memerlukan budaya untuk dapat memilah dan memilih hal-hal yang menurutnya baik dan dapat berkembang.

Ketiga

Kebudayaan cenderung bersifat tertutup terhadap pengaruh dari luar, sedangkan peradaban lebih terbuka terhadap perubahan dan perkembangan yang ada. Hal ini dikarenkan budaya lebih terpusat pada suatu kelompok tertentu, sedangkan peradaban lebih terbuka untuk kehidupan yang lebih luas.

Keempat

Budaya dipengaruhi oleh waktu, pola pikir, atau aturan yang menyebabkan melambatnya suatu perubahan. Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh-pengaruh tersebut di suatu kelompok budaya, sedangkan peradaban tidak dibatasi oleh waktu dan aturan tertentu. Peradaban juga lebih cepat dan pesat dalam berkembang dari berbagai elemen.

Kelima

Kebudayaan cenderung ditampilkan oleh hal-hal sederhana atau tradisional seperti seni, tarian, makanan, adat istiadat, moral dan sebagainya. Sedangkan peradaban cenderung menampilkan hal-hal yang lebih tinggi kaitannya seperti, hukum, pemerintah, administrasi, arsitektur, dan pengaturan sosial.

Contoh Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban

Adanya tradisi dari aktivitas menumbuk padi menggunakan alat tradisional berupa kayu yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Penyengat Olak, dan merontokan padi menjadi gabah dengan cara tradisional. Namun di wilayah lain, tepatnya seperti di Jepang, menumbuk padi telah menggunakan alat yang lebih modern yang disebut sebagai gilingan modern.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara kebudayaan dan peradaban di kehidupan makhluk sosial. Kira-kira ada gak sih di lingkungan kamu yang tetap mempertahankan kebudayaan, meskipun peradabannya sudah berubah? (Penulis: Fauzan Muhammad Al Hazmi).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel