Hewan Peliharaan yang Cocok untuk Anak Kos

Teknokra.id - Memiliki hewan peliharaan merupakan sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan bagi sebagian orang. Tetapi, terkadang perawatan hewan peliharaan yang cukup sulit membuat sebagian orang enggan untuk memeliharanya. Ditambah lagi perawatan hewan peliharaan tertentu yang membutuhkan biaya tak sedikit, membuat pengeluaran bulanan ikut menjerit. 

Terutama untuk pelajar atau mahasiswa yang menjadi anak kos, keingininan untuk memiliki hewan peliharaan perlu dipertimbangkan matang-matang. Padahal, bagi anak kos, memiliki hewan peliharaan adalah hal yang diinginkan karena selain bisa menjadi teman, hewan peliharaan juga bisa menjadi relaksasi sepulang beraktivitas. 

Hewan Peliharaan yang Cocok untuk Anak Kos

Jangan khawatir guys, Teknokra.id sudah berhasil merangkum hewan peliharaan yang cocok untuk kamu sebagai anak kos. Kira-kira hewan apa ya yang bisa dijadikan teman kos dengan harga dan perawatan yang relatif murah daripada hewan peliharaan yang lain? Yuk simak selengkapnya!

1. Ikan cupang

Hewan peliharaan dengan harga dan biaya perawatan yang paling murah diduduki oleh ikan cupang. Hewan yang paling sering dijadikan peliharaan anak kos ini memiliki perawatan yang paling murah dan mudah dibandingkan dengan peliharaan lainnya. 

Untuk memelihara ikan cupang sendiri, sobat Teknokra cukup hanya dengan membeli aquarium mini dan pakan ikan cupang yang dijual dengan harga murah. Untuk perawatannya sendiri, ikan cupang bisa diberi makan sekali sehari dan diganti airnya 1-2 hari sekali tergantung pada kekeruhan airnya.

2. Kura-kura

Hampir sama dengan ikan cupang, hewan dengan tempurung bercorak Pentagon ini juga memiliki perawatan yang mudah dan murah. Pakan dan perawatannya sama seperti ikan cupang, cukup diberi makan sekali sehari dengan pakan ikan atau sayur-sayuran. Hewan yang seyogyanya bisa hidup di dua alam ini bisa ditaruh di air ataupun di daratan yang lembab sesuai dengan kebutuhannya. 

Jika sobat Teknokra tidak memiliki cukup waktu untuk mengganti air atau membersihkan wadah tempat kura-kura, maka bisa diletakkan diwadah tanpa air yang sedikit lembab. Tetapi kura-kura harus tetap diperhatikan kebersihannya dengan menyikat tempurungnya minimal satu sekali seminggu.

3. Hamster

Hewan mungil satu ini memiliki bentuk yang cukup menggemaskan dan menyenangkan untuk dilihat. Perawatannya mungkin sedikit lebih sulit daripada dua hewan sebelumnya, tetapi dengan harga yang relatif murah, hewan ini sering dijadikan sebagai peliharaan anak kos. 

Perawatan hamster bisa dilakukan dengan menaruhnya di wadah berisi serbuk kayu atau potongan kertas yang pada intinya bisa menghangatkan tubuhnya dan membuatnya bermain-main. Makanan hamster sendiri adalah sayuran, bisa berupa wortel, kol, sawi, ataupun buah. Hamster harus sering diajak bermain dengan pemiliknya agar tidak stres dan mati.

4. Landak mini

Mirip dengan hamster, perawatan landak mini juga lebih intensif daripada cupang dan kura-kura. Landak mini harus diletakkan dalam wadah yang diberi tekstur seperti serbuk kayu untuk ia bermain. Landak mini biasa menggulingkan badannya di tempat tinggalnya untuk bermain-main. Untuk memelihara landak mini ini tidak memerlukan biaya yang mahal, tetapi memang pemilik landak mini harus sering mengajaknya bermain untuk menstimulasi perkembangannya agar tidak stres dan mudah mati.

5. Burung

Hewan peliharaan sejuta umat ini memang tak ada matinya untuk di pelihara oleh sebagian orang. Hewan yang identik dengan suaranya ini biasanya sering dijadikan teman mengopi bapak-bapak. Tetapi tak sedikit pula anak kos yang menjadikan burung sebagai hewan peliharaan. Burung sendiri memiliki harga yang beragam, ada yang murah hingga mahal. Akan tetapi, untuk perawatannya, burung memiliki perawatan yang cukup mudah dan sederhana. 

Cukup di beri makan dan minum, lalu digantung ditempat yang agak tinggi untuk menstimulasi dirinya agar tetap percaya diri di ketinggian. Pemilik burung bisa membersihkan kotoran burung setiap tiga hari sekali dan juga memandikan burung dengan cara menyemprotkan air ke badan burung lalu menjemurnya di bawah matahari pagi agar tidak sakit.

Itulah daftar hewan peliharaan murah dan mudah yang bisa di adopsi anak kos sebagai hewan peliharaan. Setelah melihat penjelasan di atas, hewan mana yang ingin sobat Teknokra pelihara sebagai teman kos yang tidak akan bikin dompet tipis? (Penulis: Dheanilla Esa Lintang).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel