Inilah 5 Sosok Perempuan Hebat Penulis Novel di Indonesia yang Karyanya Menginspirasi

Teknokra.id - Halo sahabat Teknokra! Siapa sih yang tidak mengenal sosok Raden Ajeng Kartini? Pejuang emansipasi perempuan pada masanya dengan tekad dan kegigihannya beliau mendirikan sekolah pertama untuk kaum perempuan. Kartini berhasil membuat kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki, di mana perempuan juga berhak memiliki mimpi dan meraih mimpi tersebut.

Tekad, semangat dan kegigihan Kartini tidak berhenti hingga saat ini. Banyak sekali lahir sosok Kartini masa kini, perempuan-perempuan hebat di negeri ini yang berhasil menggeluti bidangnya masing-masing bahkan dapat membawa nama Indonesia ke dunia. 

Inilah 5 Sosok Perempuan Hebat Penulis Novel di Indonesia yang Karyanya Menginspirasi

Di Indonesia sendiri banyak sekali lahir sosok perempuan hebat yang mendunia baik dalam bidang politik, pendidikan, hingga musik. Kali ini, yang akan kita bahas yaitu bidang literasi. Siapa saja sih pendobrak literasi Indonesia? Inilah 5 sosok penulis novel perempuan Indonesia dengan karya-karya mereka yang menginspirasi.

1. NH Dini

Perempuan kelahiran Semarang 29 Februari 1936 ini menulis sebuah kisah dalam bentuk novel yang dalam karyanya ia menyuarakan perlawanan perempuan terhadap suatu tradisi patriarki. Kemayoran dan Pada Sebuah Kapal adalah dua dari banyaknya karya NH Dini yang menyuarakan ketimpangan pada perempuan.

2. Leila S.Chundori

Leila S.Chundori mengawali dunia sastra dengan menulis cerpen yang berjudul Sebuah Pohon Pisang pada usia 11 tahun. Sosok kelahiran Jakarta, 12 Desember 1962 ini adalah sastrawan Indonesia yang karyanya menceritakan tentang tekad, keyakinan dan pengorbanan. Salah satu karya terbaik dari Leila berjudul Laut Bercerita mengangkat kejadian 1998 dengan apik sehingga berhasil mendapat penghargaan S.E.A. Write Award.

3. Asma Nadia

Sosok yang satu ini lahir pada 26 Maret 1972, dikenal dengan novel-novel religinya. Asma Nadia adalah seorang perempuan berhijab yang karyanya berhasil dicintai pembaca bahkan sudah banyak karyanya yang berhasil divisualisasikan menjadi sebuah film. Salah satu karya Asma Nadia yang berhasil menyentuh layar lebar Indonesia adalah Surga Yang Tak Dirindukan.

4. Ayu Utami

Memiliki nama lengkap Justina Ayu Utami dan lahir pada 21 November 1968. Ia adalah lulusan Universitas Indonesia. Selain bergelut dalam bidang sastra, Ayu juga menekuni dunia jurnalis. Ayu Utami menyuarakan pergerakan feminisme lewat karya-karyanya yang berjudul Saman, Larung, Lalita dan masih banyak lagi.

5. Dee Lestari

Dee Lestari, novelis perempuan di Indonesia yang karyanya sudah tidak diragukan lagi. Beliau lahir pada 20 Januari 1976, mengawali karier sebagai penyanyi. Novel pertama yang ia tulis dan hingga saat ini masih banyak dikagumi oleh para pembaca adalah Super Nova: Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh pada tahun 2001. 

Setelah dirasa banyak tertarik dengan segi cerita yang ia tulis, akhirnya Dee Lestari melanjutkan menulis buku bertema Supernova yang digarap menjadi 6 bagian. Karya yang berhasil menembus dunia perfilman adalah Filosofi Kopi dan Madre. Film ini berhasil mendobrak industri film Indonesia dengan mengangkat tema kopi dan kisah hidup seseorang.

Nah, itulah dia 5 sosok perempuan hebat penulis novel Indonesia yang karyanya menginspirasi. Semoga dengan informasi di atas, sama-sama bisa memotivasi kita semua ya (Penulis: Revina Azzahra).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel