Cuci Muka yang Salah Bisa Buat Kulit Kusam dan Jerawatan?

Teknokra.id – Salah satu rangkaian paling sederhana dalam merawat diri yaitu mencuci muka. Setelah aktivitas diluar ruangan maka wajah akan terasa berat karena berbagai debu dan kotoran yang menempel di kulit wajah. Mencuci muka akan memberikan sensasi kesegaran untuk kulit wajah agar dapat bernafas kembali.

Sayangnya, tidak banyak orang tahu bahwa proses mencuci muka yang salah ternyata dapat menimbulkan kulit wajah menjadi kusam dan berjerawat. Bukannya membersihkan agar menjadi sehat ini malah akan merusak kulit wajah kamu. Naah buat kamu sendiri apakah sudah mencuci muka dengan benar?

Cuci Muka yang Salah Bisa Buat Kulit Kusam dan Jerawatan?

Simak kesalahan-kesalahan yang paling umum dilakukan ketika mencuci muka :

1. Asal Pilih Produk Sabun Muka

Jangan tertipu oleh iklan-iklan di televisi yaa! Banyak orang yang masih tergiyur dengan hasil produk sabun muka ditelevisi dan sering kali mengabaikan permasalahan kuit wajahnya. Yang perlu kamu lakukan adalah memahami kebutuhan kulit kamu. Cari produk yang sesuai dengan masalah kulit wajah kamu. Terkadang ada juga yang memakai produk yang sama dengan temannya padahal jenis kulit wajahnya berbeda, akhirnya hasil tidak sesuai ekspetasi. Makanya kamu harus kenali betul apa yang dibutuhkan kulit wajah kamu yaa!  

2. Terlalu Sering Mencuci Muka

Siapa bilang semakin sering mencuci muka wajah akan menjadi semakin glowing nan cerah? Anggapan ini salah besar. Sebab semakin sering kamu mencuci muka justru akan membuat kulit menjadi iritasi serta dapat merangsang produksi minyak berlebih (sebum) di kuit wajah. Kamu bisa membatasi mencuci muka sebanyak 2 kali dalam sehari. Namun bukan berarti kamu bisa bolos untuk tidak mencuci muka yaa, kamu harus tetap rutin mencuci muka. Apabila kamu beraktivitas diluar ruangan namun tidak mengenakan make up terlalu tebal, kamu bisa mencuci muka dengan air saja. Untuk penggunaan sabun muka cukup 2 kali dalam sehari.

3. Melakukan Exfoliasi Terlalu Sering

Exfoliasi atau pengelupasan kulit biasanya dilakukan pada saat kulit sedang bermasalah, tujuannya yaitu agar wajah bersih dan kembali mulus. Exfoliasi umumnya dilakukan secara rutin sekitar 1 hingga 3 kali dalam satu minggu. Akan tetapi jangan berlebihan yaa! Jika kamu sembarangan menggosok scrub di kulit wajah dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, kering, peradangan, hingga infeksi. 

Jari adalah bahan alami exfoliator alami yang dapat digunakan untuk mengangkat kulit mati. Kamu bisa menggunakan jari-jemari kamu untuk melakukan pengangkatan kulit mati (scrub). Untuk mendapatkan hasil yang masksimal, kamu bisa melakukan dengan menggosok mulai dari bagian leher hingga keatas secara perlahan. 

Naah itu dia beberapa tindakan saat mencuci muka yang malah bisa membuat kulit wajah kamu menjadi kusam dan jerawatan. Jadi hindari hal-hal diatas yaa supaya kamu mendapatkan hasil yang maksimal setelah mencuci muka (Penulis : Tiya Riyanti). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel