5 Skill yang Dibutuhkan untuk Memasuki Dunia Kerja

Teknokra.id - Memasuki dunia kerja di era digital sekarang ini semakin banyak perusahaan-perusahaan yang memerlukan Soft-skill dan juga Hard-skill. Dalam beberapa tahun ke depan teknologi juga berkembang secara cepat, sehingga jika tidak memperkembang diri untuk memiliki suatu keahlian bisa semakin tertinggal.

Agar dapat bersaing di era digital sekarang ini setidaknya ada lima skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

5 Skill yang Dibutuhkan untuk Memasuki Dunia Kerja

Berikut ini 5 skill yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja yang perlu kamu ketahui:

1. Public Speaking


Public speaking merupakan suatu kemampuan untuk berbicara di depan orang banyak dan memengaruhi gagasan yang kamu sampaikan.Mengetahui cara public speaking yang baik tidak ubahnya menuju kesuksesan yang lebih besar. Orang yang biasanya memiliki skill speaking sering kali dipercaya orang lain untuk mengemban tugas-tugas penting. Tidak ada cara instan untuk menguasai public speaking yang baik.Kamu harus terus belajar secara konsisten dan terus melatihnya agar public speaking kamu bisa baik di depan orang banyak.

2. Problem Solving


Di dalam suatu kelompok pasti ada masalah yang sangat umum dan pemimpin adalah orang yang paling bertanggung jawab dengan masalah dan cara penyelesaiannya. Hal ini juga tidak hanya membutuhkan keberanian tapi juga membutukan kemampuan berpikir yang tinggi agar dapat memberikan suatu solusi. Di sinilah kemampuan seorang pemimpin harus dimiliki dalam memberikan solusi dan juga mengorganisir setiap kelemahan dari anggota agar menjadi keuttungan dalam pemecahan masalah itu.

3. Negosiasi


Dalam suatu pekerjaan kamu akan melibatkan berbagai pihak. Ada atasan, rekan kerja maupun klien yang mau bekerjasama dengan perusahaanmu. Dengan kamu memiliki skill Negosiasi kamu bisa membangun hubungan yang baik dengan orang lain yang saling menguntungkan menyangkut masalah pekerjaan maupun apapun itu.

4. Bekerja sama dengan Tim 


Kesuksesan sebuah perusahaan dikarenakan adanya kerja sama yang baik satu dengan yang lainnya. Dalam tim,pekerjaan dibagi-bagi berdasarkan kemampuan masing-masing tim, jika bekerja di dalam suatu tim, pastikan kamu mampu menyelesaikan tanggung jawab yang dipercayakan kepadamu dengan sebaik-baiknya.

5. Berani mengambil keputusan


Apapun Yang kamu lakukan dalam dunia pekerjaan, kamu harus berani dalam mengambil suatu keputusan yang yang baik dan benar. Keputusan yang kamu ambil akan berhadapan dengan adanya sebuah resiko. Resiko itulah yang harus kamu terima. Setelah kamu menerima resiko-resiko tersebut dalam suatu pekerjaan kamu dituntut untuk berani bertanggungjawab terhadap keputusan resiko tersebut.

Naah itu dia skill yang perlu kamu ketahui sebelum memasuki dunia kerja. Dengan memahami skill yang ada dalam diri, kamu dapat lebih mudah dalam menjalankan pekerjaan yang akan kamu mulai (Penulis : Muhammad Hussein).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel