Cara Praktis Bersihkan Sponge Make Up atau Beauty Blender, Dijamin Ampuh

Teknokra.id - Kamu yang suka pakai make up, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya sponge atau beauty blender make up. Alat ini bisa dibilang wajib banget ada buat menemani daily make up kamu. Ini karena sponge dan beauty blender memiliki berbagai fungsi mulai dari membantu meratakan produk make up seperti foundation dan concealer, hingga menyempurnakan riasan make up kamu.

Kalau kamu tipe yang suka banget pakai sponge dan beauty blender, kamu harus rajin-rajin nih buat membersihkan sponge kamu minimal seminggu sekali. Karena jika tidak, sisa-sisa make up yang menempel di sponge atau beauty blender yang kamu pakai bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajah kamu. Seperti kulit wajah gatal-gatal, kemerahan hingga bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat. 

Cara Praktis Bersihkan Sponge Make Up atau Beauty Blender, Dijamin Ampuh

Selain itu, sponge atau beauty blender yang kotor membuat blend make up menjadi kurang maksimal, karena sisa make up yang menempel di sponge seringkali menempel pada wajah kita ketika kita menggunakan sponge tersebut. Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk membersihkan sponge atau beauty blender kamu loh. 

Di sini, Teknokra bakal kasih tau cara praktisnya. Simak penjelasan berikut ya..

Cara membersihkan sponge ini hanya membutuhkan dua bahan yaitu sabun mandi atau sabun muka (opsional) dan juga air. Langkah membersihkan sponge ini cukup sederhana kok.
  1. Pertama, basahi terlebih dahulu sponge atau beauty blender yang akan dibersihkan.
  2. Kemudian, beri sabun pada sponge atau beauty blender tersebut. Jika kamu menggunakan sabun cair, teteskan pada sponge atau beauty blender secukupnya. Untuk yang menggunakan sabun mandi dalam bentuk batang, untuk menghemat pemakaian kamu bisa memotong ujung sabun batang tersebut terlebih dahulu. Lalu gosokkan potongan sabun batang itu pada seluruh bagian di beauty blender atau sponge.
  3. Lalu, kamu bisa meremas secara perlahan sponge atau beauty blender yang telah diberi sabun tersebut. Tujuannya agar sabun menjadi merata dan kotoran di sponge atau beauty blender keluar.
  4. Kemudian untuk membersihkan sabun dan kotoran hingga bersih, kamu bisa memasukkan beauty blender atau sponge tadi ke dalam wadah berisi air. Sambil beberapa kali tekan dengan perlahan agar kotoran hilang. Kamu bisa melakukan hal ini berulang hingga air dalam wadah warnanya cukup jernih.
  5. Jika sudah, bilas sponge atau beauty blender dengan air mengalir hingga benar-benar bersih dari sabun dan kotoran.
  6. Setelahnya, jemur sponge atau beauty blender diruangan yang sejuk. tidak perlu dibawah cahaya matahari langsung. Setelah kering sponge atau beauty blender siap digunakan kembali.

Oke segitu dulu ya cara praktis membersihkan sponge atau beauty blender yang bisa Teknokra bagikan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan sponge atau beauty blender kamu yaa. Sekian (Penulis: Sandra Puspita).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel