Sebenarnya Pelajaran Seni Itu Apa Sih?

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Kamu pernah ga sih bertanya-tanya pelajaran seni itu sebenarnya apa?

Nah, kali ini Teknokra.id bakal membagikan informasi ke kamu terkait apa sebenarnya seni itu. Seni bisa kamu lihat dari hasil karya alam seperti gunung, batu permata, dan lain sebagainya.

Sebenarnya Pelajaran Seni Itu Apa Sih?

Selain karya alam, karya manusia juga bisa menjadi seni. Contohnya nih seperti patung, lukisan, pakaian, hingga lagu dan juga tarian. 

Jadi, semua yang bisa menghasilkan sebuah kesenangan tersendiri bagi para penontonnya itulah sebuah karya yang disebut sebagai seni. Walaupun kamu mungkin pernah berpikir atau melihat seni sebagai sesuatu yang abstrak.

Akan tetapi, secara sederhana, seni merupakan ekspresi dari perasaan kita. Semua orang bebas mengungkapkan apa saja yang ada dalam kepalanya. 

Tujuan adanya seni dalam hidup kita juga sangat sederhana. Yaitu untuk mencari suatu kebenaran dan juga jawaban. Sama halnya dengan sains. Bedanya, jika sains menggunakan metode terstruktur, tetapi seni menggunakan jalan yang lain. Jalan itu diambil dari proses yang ada pada setiap orang. Karena tiap orang mempunyai proses masing-masing dalam berekspresi dan juga berempati.

Selain mencari jawaban, seni juga menjadi penyelamat untuk sebagian orang. Semua orang pasti ingin didengar, tetapi tidak semuanya bisa bercerita. Jadi, seni lah yang menjadi media mereka untuk menyampaikan isi hatinya.

Kamu juga harus tahu, bahwa pada setiap keseharian kamu, kamu juga dihadapkan dengan seni. Baik ponsel yang kamu genggam, makanan yang kamu makan, musik yang kamu dengar, lagu yang kamu nyanyikan, hingga pakaian yang kamu pakai, semua itu adalah seni.

Meskipun ada dalam keseharian kita, seni juga selalu mengalami perkembangan loh! Jadi, kekreatifan manusia itu ga semata-mata dimulai dari seni. Awalnya, manusia berkreasi dari zaman prasejarah.

Kamu pasti pernah belajar atau melihat gambar dari lukisan-lukisan di dinding gua yang menggambarkan manusia, hewan ataupun tumbuhan kan. Nah, kemudian mulai di masa peradaban awal. Pada masa ini manusia mengenal tulisan dan karya-karay kesenian. Pada masa ini juga banyak bermunculan bangunan bersejarah yang memiliki desain unik dan juga indah. 

Hingga beratus-ratus tahun kemudian, kreativitas banyak dipengaruhi oleh semakin berkembangnya institusi keagamaan di Eropa. Di Arab pun mulai banyak bermunculan pola-pola kaligrafi dan geometris di masjid. Selain itu, patung dan berbagai lukisan juga mulai bermunculan di dunia.

Jadi hingga saat ini, banyak karya dan juga bangunan bersejarah yang tetap terabadikan hingga sekarang. Masyarakat pun menyimpulkan bahwa seni adalah segala sesuatu yang bisa memunculkan emosi bagi penikmatnya.

Bahkan, semuanya butuh sentuhan seni untuk bisa dikembangkan. Terobosan dari sains tak akan ada tanpa sentuhan kreativitas. Dengan seni, teknologi bisa maju secara pesat. 

Nah, itulah penjelasan terkait seni. Semoga setelah ini, kamu ga lagi bingung dan malas ya saat belajar seni. Seni sangat penting dalam kehidupan kamu. Bagaimana menurutmu? (Penulis: Dwindy Monica).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel