Manfaat Jeruk Nipis : Si Mungil dan Asam yang Baik untuk Kesehatan

Teknokra.id – Jeruk nipis memiliki ciri khas mungil dan cita rasanya yang asam mengandung banyak vitamin dan nutrisi di dalamnya. Jenis jeruk ini biasanya banyak digunakan sebagai pelengkap saat menyantap makanan seperti sambal, soto, seafood, dan sebagainya.

Jeruk nipis juga biasa diolah menjadi minuman. Rasa segar yang dihasilkan dari campuran air jeruk nipis, madu, dan es mampu menetralisir dahaga dikala cuaca yang terik. 

Manfaat Jeruk Nipis : Si Mungil dan Asam yang Baik untuk Kesehatan

Jeruk nipis juga dipercaya memiliki segudang kandungan yang mampu mencegah berbagai penyakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Jeruk nipis merupakan salah satu tanaman herbal. Oleh karena itu jeruk nipis banyak mengandung vitamin dan nutrisi seperti asam sitrat, vitamin B1, vitamin C, linalin, geralin asetat, fallandren, dan senyawa aktif lainnya.

Berbagai manfaat dapat kamu rasakan jika mengonsumsi tanaman herbal satu ini, diantaranya sebagai berikut :

1. Dapat Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid yang mampu menekan produksi kolesterol jahat dalam tubuh sehingga mengonsumsi jeruk nipis dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung.

2. Obat Batuk

Salah satu sifat yang dimiliki jeruk nipis yaitu antibakteri serta dapat meluruhkan dahak. Hal ini tentunya membuat jeruk nipis banyak digunakan sebagai obat batuk. Biasanya untuk pengobatan bantuk kamu bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan kecap.

3. Dapat Menurunkan Demam

Selain untuk obat batuk, ternyata jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai obat penurun demam lho! Cara nya yaitu dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis kedalam rebusan air temulawak serta madu. Ramuan bahan herbal ini dapat digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa.

4. Obat Sakit Tenggorokan

Jeruk nipis bisa menjadi solusi buat kamu yang sedang mengalami sakit tenggorokan. Seperti yang telah dijelaskan diatas, jeruk nipis memiliki sifat atibakteri sehingga bisa membantu untuk melegakan sakit tenggorokan. 

Itu dia beberapa manfaat dari si mungil dan asam jeruk nipis. Namun perlu diingat yaa! Sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi jeruk nipis, sebab kadar keasaman yang terkandung dalam jeruk nipis tanpa campuran air dapat merusak email gigi (Penulis : Tiya Riyanti).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel