Jumlah Perempuan Lebih Banyak dari Laki-laki, Mitos atau Fakta?

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Kamu pernah ga sih mendengar ucapan orang lain yang bilang kalau jumlah perempuan itu lebih banyak dari laki-laki? Atau sebaliknya?

Kali ini, Teknokra.id akan membahas tentang hal tersebut. Apakah hal itu fakta atau mitos? Yuk, simak penjelasannya!

Jumlah Perempuan Lebih Banyak dari Laki-laki, Mitos atau Fakta?

Jadi berdasarkan riset dari PBB pada tahun 2015, jumlah laki-laki di dunia ini pada kenyataannya lebih banyak daripada perempuan. Di mana terdapat 101 laki-laki pada setiap 100 perempuan di dunia.

Intinya, ada sekitar 50 juta lebih banyak laki-laki di dunia ini dibandingkan perempuan. Lalu, apa sih yang menyebabkan jumlah laki-laki lebih banyak dari perempuan di dunia?

Selama ini, banyak masyarakat mengira peluang kelahiran laki-laki lebih tinggi daripada perempuan. Akan tetapi, bayi laki-laki lebih rentan terserang penyakit dan mengalami keguguran dibanding bayi perempuan.

Selain itu, ada faktor budaya dalam masyarakat. Misalnya banyak negara di Asia bagian Timur Tengah lebih menginginkan anak laki-laki dibandingkan perempuan.  

Hal ini dikarenakan laki-laki lebih dianggap bisa mempertahankan garis keturunan keluarga, lebih mampu menafkahi keluarganya dibandingkan perempuan. Kecenderungan ini sangatlah kuat di beberapa negara.

Ada juga negara yang memiliki jumlah laki-laki tiga kali lipat dibandingkan perempuan. Hal ini dipengaruhi oleh faktor migrasi tenaga kerja laki-laki dari seluruh dunia ke beberapa negara tersebut. Sementara itu sebaliknya, di negara bekas Uni Soviet, justru jumlah perempuan lebih banyak dari laki-laki.

Alasannya adalah faktor sejarah Uni Soviet yang pernah mengalami banyak konflik. Akan tetapi, menurut Fisher's Principle, perbandingan jenis kelamin makhluk hidup itu pada dasarnya akan terus berada dalam keadaan yang seimbang. Hal itu dikarenakan manusia secara alami akan terus menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut.

Jadi intinya, berdasarkan fakta, di Indonesia sendiri jumlah perbandingan antara laki-laki dan perempuan masih cukup seimbang. Maka bisa dipastikan bahwa ucapan jumlah perempuan lebih banyak dari laki-laki itu hanyalah mitos belaka.

Nah, itulah penjelasan terkait perbandingan jumlah laki-laki dan perempuan. Bagaimana menurut kalian? (Penulis: Dwindy Monica).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel