Alasan Kita Suka Banting Barang Saat Marah

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Kamu pasti pernah melihat orang yang ketika marah suka membanting barang kan? Atau kamu sendiri seperti itu?

Kenapa sih ketika marah, orang-orang suka membanting barang? Seperti melempar remote TV, menendang tong sampah, menggebrak meja ataupun melampiaskannya lewat benda-benda yang ada di sekitar mereka.

Alasan Kita Suka Banting Barang Saat Marah

Jadi alasan singkatnya adalah membanting barang ketika marah merupakan penyaluran dari amarah kamu. Kamu marah dikarenakan frustasi ataupun kecewa akan keadaan yang ada.

Dan tahukah kamu? Jika hal ini terus dibiarkan, kamu bisa saja menjadi stres. Jika sudah begitu, kamu akan melampiaskannya dengan membanting barang. 

Selain itu, marah juga disebabkan karena kamu merasa ga punya kontrol akan apa yang terjadi. Lalu, dengan tindakan agresif seperti membanting barang ini bisa memberi kamu ilusi bahwa kamu telah memegang kontrol akan keadaan tersebut. 

Dengan membanting barang, kamu bisa memuaskan diri secara emosional. Lain halnya jika kamu hanya duduk diam sambil menahan amarahmu yang sudah memuncak sambil menggerutu. 

Walaupun begitu, efek dari melampiaskan secara agresif itu akan berdampak untuk jangka panjang. Seusai kamu membanting barang, kamu memang puas. Namun setelahnya, kamu akan berpikir dan menyesali apa yang telah kamu perbuat. Apalagi jika itu kamu lakukan di tempat ramai.

Selain itu, kebiasaan ini juga bisa semakin berubah seiring waktu. Awalnya mungkin hanya melempar remote TV, tapi bisa saja nantinya kamu akan melampiaskan lewat benda-benda yang bisa melukai orang lain. Jadi, cobalah untuk belajar mengontrol emosi kamu dan tetap tenang. 

Nah, itulah penjelasan singkat terkait alasan mengapa orang-orang suka membanting barang saat marah. Bagaimana menurutmu? (Penulis: Dwindy Monica).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel