Hubungan Akrab Dalam Komunikasi

Teknokra.id - Sebagai makhluk sosial yang saling berkebutuhan sekaligus berhubungan satu sama lain, pastinya sangat berharap untuk memiliki suatu hubungan yang erat di antara keduanya. Hubungan yang terjalin secara sosial di kehidupan manusia dapat terbentuk akibat hadirnya interaksi komunikasi antar dua belah pihak atau lebih. 

Interaksi komunikasi itulah yang dapat melahirkan hubungan erat dalam keakraban antar sesama manusia. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai komunikasi dalam hubungan akrab, Teknokra.id akan memberikan sedikit pemahaman mendasar untuk kamu mengenai ciri-ciri, jenis, fungsi, dan tujuan komunikasi dalam hubungan keakraban.

Hubungan Akrab Dalam Komunikasi

Apa Itu komunikasi dalam Hubungan Akrab?

Komunikasi adalah kegiatan penting untuk dapat saling berinteraksi, memahami, dan memberikan isi pesan dari satu pihak ke pihak lainnya. Tak hanya itu, komunikasi mampu menghadirkan berbagai macam suasana keadaan yang mampu memengaruhi sikap manusia. Maka dari itu, pentingnya kita sebagai insan yang selalu membutuhkan bantuan orang lain untuk dapat memiliki hubungan yang baik antar sesama. Manusia diajarkan untuk selalu hidup rukun dan damai dengan sesamanya. Itulah tanggungjawab sesungguhnya manusia dalam menjalani kehidupan.

Fungsi Komunikasi dalam Hubungan Akrab pada keluarga

1. Hadirnya kesenangan dalam keluarga

Hadirnya kegiatan komunikasi, misalnya dalam menyampaikan informasi, mencurahkan perasaan, serta berdiskusi santai dengan keluarga dalam intensitas yang cukup, dapat meningkatkan hubungan akrab yang pada akhirnya mampu menghadirkan rasa senang dan bahagia dalam keluarga itu sendiri.

2. Hubungan sosial  yang baik

Tidak jauh berbeda seperti sebelumnya, dengan komunikasi yang baik serta efektif tidak dipungkiri dapat menghadirkan hubungan sosial yang baik juga antar sesama anggota keluarga.

3. Memengaruhi sikap

Komunikasi yang terjadi dalam keluarga dapat memengaruhi sikap, baik orang tua kepada anak atau sebaliknya. Hal ini juga dapat terjadi karena ada pengaruh jabatan atau permasalahan/konflik yang ada dalam keluarga.

4. Memberikan/mendapatkan pengakuan dan dukungan yang diperlukan

Sesuai definisi keakraban adalah ikatan emosional yang positif, sehingga antar anggota keluarga harus saling memberikan pengakuan dan dukungan baik dalam bentuk moral ataupun perbuatan.

Ciri-Ciri Komunikasi dalam Hubungan Akrab

Hubungan yang akrab, dapat terbentuk dari berbagai cara atau model komunikasi yang dilakukan oleh manusia. Berikut hal yang dapat kamu lakukan untuk membentuk hubungan yang baik dengan orang lain.

1. Keramahan dan kasih sayang

Saling menyatakan kesukaan masing-masing dan menghabiskan waktu bersama. Seperti pergi bersama, mengobrol bersama, hingga tertawa bersama, dapat membentuk hubungan yang ramah dan kasih sayang bagi pelakunya.

2. Kepercayaan

Adanya sikap saling percaya antara orang tua dan anak akan membuat tingkat keakraban semakin meningkat. Hal ini disebabkan dengan memberikan kepercayaan membuat orang tua dan anak saling mampu mengandalkan dalam mengendalikan konflik secara bersama.

3. Pengungkapan diri

Dengan adanya pengungkapan diri, orang lain dapat lebih mudah memahami apa yang kita inginkan dan rasakan. Hal ini membuat proses pemahaman antara orang yang satu dengan yang lain lebih mudah terjalin.

4. Tanggung jawab

Hubungan yang akrab memerlukan tanggung jawab yang besar.

5. Komunikasi berjalan efektif

Komunikasi yang efektif dipaparkan menjadi beberapa hal:
  • Respek
  • Empati
  • Jelas
  • Tepat
  • Rendah hati

Itulah penjelasan singkat mengenai hubungan akrab dalam komunikasi. Jadi, secara singkatnya kamu dapat memahami bahwa dalam kehidupan sosial manusia itu perlu menjalin hubungan yang akrab dengan orang lain, hubungan tersebut dapat dibentuk melalui jalur komunikasi. Semoga setelah membaca artikel ini kamu dapat lebih mudah dalam menjalin hubungan dengan orang lain, dan tentunya hubungan yang positif ya (Penulis: Fauzan Muhammad Al Hazmi).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel