Belum jadi Orang Lampung kalau Kamu Tidak Tahu 5 Kata-Kata Gaul ini!

Teknokra.id - Dilahirkan dan besar di Ibu kota Provinsi Lampung, Bandar Lampung tidak menjamin kamu pandai berbahasa Lampung. Walaupun begitu, seharusnya kita sebagai muli-meghanai (Putri dan Putra orang Lampung) harus paham beberapa kata yang biasa dicetuskan orang lampung. 

Berikut kata-kata atau bahasa gaul yang biasa didengar dan diungkapkan oleh orang Lampung di kehidupan sehari-hari. Yuk, simak selengkapnya!

Belum jadi Orang Lampung kalau Kamu Tidak Tahu 5 Kata-Kata Gaul ini!

1. Genyoh, Buyan, Bengak, Lawang

Ungkapan ini diperuntukkan untuk teman kita yang berlaku atau bercakap aneh, tidak masuk akal, bodoh, bahkan gila. Adakala juga digunakan sebagai ejekan.
Contoh:  
genyoh juga lu ini
lawang niku” (gila kamu) 
dasar buyan” (dasar bodoh)

2. Pay 

Pay artinya ‘dulu’ atau dahulukan. Kata dengan tiga huruf ini sering didengar di akhir kalimat perintah yang diucapkan oleh orang Lampung. 
Contoh: 
mengan pay” (makan dulu) 
pedom pay” (tidur dulu) 

3. Mak Kesiwan

Mak kesiwan artinya tidak karuan. Diucapkan ketika seseorang merasa kacau dengan permasalahan yang sedang dihadapinya.

4. Lamon Ga Cawo

Lamon ga cawo artinya ‘banyak ngomong’ diucapkan saat melihat dan mendengar seseorang banyak berkata tanpa ada tindakan. Kalimat ini searti dengan peribahasa ‘tong kosong nyaring bunyinya

5. Jangan Mengingor, Nanti Mentegor

Arti kata mengingor adalah ‘berisik’ dan arti kata mentegor adalah ‘heboh’. Maksud dari kalimat ini ditunjukkan saat beberapa orang sedang membicarakan sesuatu (ngerumpi) dan salah satu dari mereka berisik sehingga akan membuat kehebohan atau terdengar orang lain. 

Itu tadi 5 kata-kata gaul dalam bahasa Lampung yang sering didengar. Sebenarnya masih banyak lagi bahasa gaul lampung dengan dialek-dialek yang berbeda (Penulis: Shaffa Riyadhul Jannah M.).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel