7 Tips Menghilangkan Rasa Cemas

Teknokra.id - Kecemasan atau anak muda zaman sekarang lebih mengenal dengan istilah asing yaitu anxiety. Anxiety sering kali menyerang seseorang, dengan faktor yang berbeda-beda. 

Siapa saja dapat terserang gangguan kecemasan ini. Tapi jangan sedih, aku bakalan memberikan beberapa tips buat sahabat semua, yuk disimak!

7 Tips Menghilangkan Rasa Cemas

1. Olahraga

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa cemas yaitu dengan melakukan olahraga. Olahraga dapat meningkatkan suasana hati dikarenakan dengan berolahraga tubuh melepaskan endorfin sehingga mampu mengurangi rasa cemas. Kamu dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, yoga atau sekedar melakukan aktivitas di luar rumah untuk mendapatkan sinar matahari.

2. Ambil Napas Panjang

Cara ini sederhana namun dapat mengaktifkan respon relaksasi pada tubuh, sehingga kecemasan yang kamu rasakan dapat berkurang. Hanya dengan dengan menarik napas panjang melalui hidung lalu tahan beberapa detik lalu hembuskan secara perlahan. Kamu dapat melakukannya dengan berulang kali.

3. Kurangi Bermain Media Sosial

Sebagian orang bermain media sosial untuk melampiaskan perasaan cemas, namun nyatanya bermain sosial media terus-menerus dapat memicu kecemasan. Hal itu dikarenakan media sosial kerap kali membuat kita membandingkan diri dengan orang lain yang akan semakin menimbulkan rasa cemas. Mengurangi bermain media sosial sangat membantu aku dalam mengatasi rasa cemas loh sahabat! Kalian bisa melakukan hal yang lebih berguna dibandingkam bermain media sosial secara terus-menerus.

4. Lakukan Hal Yang Kamu Sukai

Melakukan hobi atau aktivitas yang kamu sukai dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi kecemasan kamu. Hal tersebut juga membuat kamu lebih rileks dan tenang. Pilihlah aktivitas yang menyenangkan seperti berjalan-jalan keluar rumah, melakukan aktivitas yang membuat kamu lebih kreatif, menonton film dan lain sebagainya.

5. Berbicara dengan Seseorang

Saat kita merasa cemas terkadang kita cenderung menjauh dari orang lain. Karena terkadang kita merasa tidak ada yang dapat membantu kita keluar dari masalah. Namun, tidak ada salahnya untuk kita mencoba mengungkapkan kecemasan kamu kepada seseorang yang kamu percayai.

6. Kurangi Mengonsumsi kafein

Kafein yang terdapat pada teh, kopi, cokelat dan minuman berenergi lainnya jika dikonsumsi dengan dosis yang tinggi dapat meningkatkan rasa cemas. Setiap orang memiliki reaksi sensitif yang berbeda, jika kamu mudah merasa cemas dan gelisah setelah meminum-minuman tersebut sebaiknya segera kurangi agar tubuhmu menjadi lebih rileks.

7. Tidur yang Cukup

Orang yang memiliki jam tidur yang kurang cenderung mengalami perasaan cemas yang berlebihan. Oleh karena itu kamu harus tidur yang cukup ya, supaya tubuhmu lebih rileks dan terhindar dari perasaan cemas! Waktu tidur yang baik yaitu 6-8 jam perhari.

Nah, itulah dia beberapa tips untuk mengurangi rasa cemas. Semoga bermanfaat (Penulis: Septa Yuvela Utami).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel