Alasan Kenapa Mata Uang Tiap Negara Berbeda

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Kamu pernah berpikir ga sih kenapa kok banyak banget nama-nama mata uang di dunia? Kenapa setiap negara punya mata uangnya sendiri? Lalu kenapa setiap kita mau pergi ke luar negeri, pasti harus ribet untuk nuker mata uang?

Kali ini, Teknokra.id akan membagikan informasi terkait alasan mengapa mata uang di setiap negara berbeda. Yuk, simak penjelasannya!

Alasan Kenapa Mata Uang Tiap Negara Berbeda

Sederhananya, kalian ingatkan kalau orang dulu belanja dengan cara barter? Nah, itulah yang sebenernya jadi alasan terciptanya mata uang di setiap negara. 

Jadi, karena ribetnya barter itu, akhirnya setiap peradaban pun bikin uangnya sendiri. Karena setiap bangsa memiliki kekayaan sumber daya alam yang berbeda-beda harganya, mereka juga ga mau kalau nilai uangnya sama.

Selain itu juga, mata uang digunakan untuk menunjukkan kedaulatan dari sebuah bangsa. Lalu, bisa ga sih kalau mata uang di dunia itu satu aja? Kenapa sih harus banyak-banyak? 

Jawabannya, sebenernya bisa ya. Contohnya seperti mata uang Euro yang digunakan di 19 negara Uni Eropa atau dolar yang secara tidak langsung menjadi mata uang global.

Dan tahukah kamu? Indonesia sempat punya rencana bersama negara tetangga untuk membuat mata uang bersama. Tapi ya ujungnya hanya wacana semata yang tidak tahu kapan direalisasikan.

Mata uang bersama ini dinilai memiliki sisi buruknya. Salah satunya, jika terjadi krisis ekonomi, semua negara yang menggunakan mata uang yang sama akan terkena dampaknya.

Meskipun saat ini sedang marak penggunaan mata uang digital seperti cryptocurrency, salah satunya bitcoin. Tetapi penggunaan bitcoin masih terus berkembang dan masih harus berhadapan dengan regulasi pemerintah di setiap negara.

Saat ini, terhitung terdapat sekitar 180 mata uang yang berbeda di tiap negara. Nah, intinya mata uang yang berbeda di tiap negara itu disebabkan oleh perbedaan ekonomi setiap bangsa. 

Nah, itulah penjelasan terkait mengapa tiap negara di dunia memiliki mata uang yang berbeda. Bagaimana menurut kamu? (Penulis: Dwindy Monica).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel