Yuk Pahami Apa Itu Kepribadian Ganda

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Kamu pasti sudah ga asing kan dengan istilah kepribadian ganda?

Kamu juga pasti pernah menganggap sama antara kepribadian ganda dengan alter ego kan? Namun, nyatanya alter ego dan kepribadian ganda itu berbeda loh!

Yuk Pahami Apa Itu Kepribadian Ganda

Jadi apa sih kepribadian ganda itu? Yuk disimak

1. Apa bedanya kepribadian ganda dan alter ego?

Sebenarnya kepribadian ganda dan alter ego adalah dua hal yang berbeda loh. Alter ego merupakan kondisi di mana kepribadian seseorang dibuat secara sadar untuk mendapatkan manfaat. Misalnya, ketika kamu tidak bisa mencapai suatu hal, maka kamu akan menciptakan kepribadian baru untuk mencapai hal tersebut.

Sementara itu, kepribadian ganda merupakan gangguan disosiatif yang sering disebut dengan istilah DID atau Dissociative Identity Disorder. Kepribadian ganda adalah suatu kondisi di mana seseorang memiliki dua atau lebih banyak kepribadian dalam satu tubuhnya. Yang mana penyandang DID tidak mengingat apa yang ia lakukan saat kepribadiannya berganti. 

Untuk lebih mudahnya, di sini Teknokra.id akan mengambil contoh dari sebuah buku berjudul "The Mind of Billy Milligan" yang diterjemahkan menjadi "24 Wajah Billy" karya Daniel Keyes. Novel ini diangkat berdasarkan kisah nyata seorang Billy Milligan yang memiliki 24 kepribadian dalam dirinya.

2. Siapa sajakah kepribadian itu?

Sebut saja seorang penyandang DID sebagai host. Ia memiliki beberapa kepribadian lain dalam tubuhnya yang disebut sebagai alter. Alter bisa beragam, mulai dari jenis kelamin, usia, kemampuan, dan lainnya. Walau seorang host adalah perempuan, boleh jadi alternya berjenis kelamin laki-laki. Bahkan, alter pun bisa berwujud selain manusia, misalnya hewan.

Parahnya, ketika tubuh diambil alih oleh salah satu alter, host dan alter yang lain tidak akan mengingat apa yang telah dilakukannya. Tak heran jika alter mengambil alih, penyandang DID tersebut akan bertingkah sesuai kepribadian si alter. Bisa berubah menjadi seorang anak kecil, seumuran, seorang kriminal, orang yang baik hati, lansia, atau lainnya tanpa bisa ia kendalikan. Bahkan ketika host sebenarnya adalah kidal, namun ketika diambil alih oleh alternya ia bisa menggunakan tangan kanannya dengan normal. Bahkan, alter pun bisa memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh si host. Belum lagi setiap alter memiliki tujuan masing-masing. Misalnya saja sebuah kapal dengan 5 nahkoda, akan ke mana saja tujuannya dan bagaimana mengendalikannya?

Kembali pada contoh, Billy Milligan tercatat sebagai seseorang dengan tindak kriminal seperti perampokan hingga pemerkosaan. Hal ini tentu saja dilakukannya saat si alter mengambil alih tubuhnya. Tak jarang masyarakat berasumsi pengidap DID adalah orang yang sedang kerasukan, padahal ini adalah kenyataan. Billy sendiri memili 24 kepribadian termasuk dirinya sendiri. 10 sosok utama, 13 sosok yang tidak diinginkan karena sifatnya, serta 1 sosok yang disebut sebagai sang guru (wujud 23 kepribadian yang sudah melebur). Usianya pun beragam, mulai dari usia 4-26 tahun dengan jenis kelamin yang berbeda. Bayangkan saja, betapa sulitnya Billy mengatasi apa yang diperbuat alternya ini. 

3. Apa penyebab kepribadian ganda?

Guys, tahu ga sih kalian kalau DID tidak muncul secara disengaja. Tidak pula bawaan lahir. DID muncul akibat tekanan traumatis baik secara fisik ataupun psikis atau emosi. Trauma hebat yang pernah diterima oleh penyandang menyebabkan ia harus menerima kondisi ini. 

Hal ini juga diungkapkan dalam buku tersebut. Di mana Billy mendapatkan 23 kepribadian lain selain dirinya itu akibat trauma masa kecilnya. Karakter yang bermunculan tak lain akibat trauma masa kecilnya yang penuh kekerasan dari sang ayah.

4. Apa yang bisa dilakukan si alter?

Seperti dijelaskan di atas, apapun bisa dilakukan oleh si alter sesuai dengan kepribadiannya masing-masing. Bisa jadi beberapa menit yang lalu ia menolong seseorang, namun beberapa menit ke depan ia justru membunuh seseorang. 

Karena sifatnya yang beragam, tak heran jika penyandang DID bisa melakukan tindak kriminal seperti pemerkosaan hingga pembunuhan. Atau bisa saja ia melakukan hobi yang berlawanan dari sifat asli si host. Ia bisa menangis tiba-tiba, atau bermain seperti anak kecil. Tentu saja ketika host berhasil kembali, ia harus menerima akibat dan stigma sosial akan dirinya yang disebabkan oleh kelakuan si alter. Namun, jangan khawatir. Adakalanya jika alter adalah sosok yang memiliki kemampuan unggul, maka ini akan baik untuk si penyandang. Alter bisa melakukan hal yang luar biasa yang sebenarnya tidak host kuasai.

5. Apakah kepribadian ganda bisa disembuhkan?

Jawabannya adalah tidak. Oleh sebab itu, penyandang DID harus bisa menerima semua karakter atau sosok yang ada dalam dirinya agar bisa hidup berdampingan. Ia harus bisa kuat dan bisa bertahan dalam kondisinya tersebut.

6. Bagaimana pandangan terhadap penyandang kepribadian ganda?

Seperti yang kita tahu, banyak masyarakat yang masih asing dengan kelainan ini. Meski sering mendengar istilah kepribadian ganda, tak jarang mereka masih menganggap hal ini tidak mungkin. Seperti bagaimana bisa 10 orang hidup dalam satu tubuh, dan anggapan yang lain.

Seperti dikatakan di atas, masyarakat sering kali menganggap penyandang DID sedang kerasukan makhluk halus. Padahal, DID sungguh nyata adanya. Oleh sebab itu, seharusnya kamu bisa memahami tentang kelainan ini dan mengubah pandanganmu terhadap mereka.

Nah, itulah penjelasan terkait kepribadian ganda? Bagaimana? Sekarang sudah paham kan?

Jadi, jangan pernah menganggap kekurangan ini sebagai bahan hinaan terhadap seseorang. Hargailah mereka. Jika kamu menemukan penyandang DID di sekitarmu, cobalah berpikiran terbuka. Pikirkan apa yang sudah mereka alami hingga hal ini terjadi pada mereka. Mereka sudah cukup tertekan akibat ulah para alternya. Jadi, jangan sampai kamu juga ikut mengucilkannya ya (Penulis: Dwindy Monica).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel