Yuk Pahami Apa Itu Dark Jokes dan Bahayanya!

Teknokra.id - Siapa sih yang ga pernah denger apa itu dark jokes? Apalagi belakangan ini dark jokes menjadi sesuatu yang marak dan viral di sosial media. 

Dark jokes jika diartikan yaitu "humor gelap". Maksudnya, dark jokes merupakan lelucon berdasarkan tragedi dalam realita yang dibuat menjadi sebuah komedi. Lelucon ini sering kali membawakan sebuah penderitaan yang dijadikan lawakan.

Yuk Pahami Apa Itu Dark Jokes dan Bahayanya!

Sebenarnya, dark jokes memiliki kelebihan. Sebab, dark jokes sebenarnya memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari humor biasa. Untuk memahami dark jokes sendiri dibutuhkan IQ dan EQ yang besar.

Terdapat perbedaan antara humor biasa dengan dark jokes. Menurut CEO IHIK3, Yasse Fikry, humor merupakan gaya hidup. Sementara itu, dark jokes dapat dikatakan sebagai jenis lelucon kelam yang dibuat untuk menertawakan apapun termasuk kemalangan orang lain.

Inilah yang sangat disayangkan. Manusia hidup membutuhkan hal-hal yang berbau humoris untuk setidaknya menemukan keceriaan. Namun mirisnya, seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa dark jokes justru sering dibuat dengan menertawakan kekurangan orang lain.

Oleh karena itu, dark jokes yang semula bisa digunakan sebagai sebuah sindiran akan realita yang ada, justru berubah menjadi sebuah lelucon yang berbahaya. Bahayanya adalah dark jokes menjadi lelucon yang bersifat rasis hingga menghina. Contohnya seperti rasisme dalam hal warna kulit, perbedaan agama, perbedaan status ekonomi, dan lain sebagainya. 

Tak hanya itu, saat ini hal-hal seperti cacat, kelainan fisik atau disabilitas juga menjadi sasaran dark jokes. Parahnya, anak yatim dan piatu pun menjadi korbannya.

Dark jokes yang semula digunakan sebagai sebuah tema yang menyesuaikan aliran dalam kehidupan, kini justru menjadi hal yang seakan wajib diviralkan dan disalahgunakan di sosial media. Bahkan, lelucon ini malah dibuat menjadi sebuah meme. Tak khayal generasi muda saat ini sering beranggapan "kalo ga suka sama candaannya yaudah, tinggal pura-pura ga liat atau ga denger kan kelar ceritanya".

Namun, tahukah kamu di tengah orang-orang yang menyukai dark jokes, terselip mereka yang menghindari bahkan sensitif terhadap dark jokes. Walau memang selera humor setiap orang berbeda, tetapi dark jokes bisa menyebabkan beberapa hal seperti

1. Sakit hati dan tersinggung

Inilah yang paling sering terjadi. Banyak orang ketika penderitaannya dibuat menjadi dark jokes, ia akan merasa tersinggung hingga sakit hati. Misalnya, ketika dark jokes tersebut menertawakan seorang anak yatim. Tentu saja siapapun yang merupakan anak yatim akan merasa dihina. Tak hanya mereka, orang lain yang mengetahuinya pun akan berpikir lelucon macam apa itu. Meskipun ada yang hanya tersenyum menanggapinya, namun kita tidak tahu perasaan apa yang ada di dalam hatinya.

2. Depresi

Mungkin terlalu berlebihan jika membahas depresi. Meskipun tidak dibuat untuk tujuan menghina, dark jokes tetap hal yang sensitif bagi sebagian orang. Ketika penderitaannya ditertawakan oleh semua orang, tentu saja orang tersebut akan mulai merasa tertekan. Karena secara tidak langsung, perbuatan tersebut bisa dikatakan sebagai bullying.

3. Dijauhi orang lain

Ketika seseorang dijadikan objek dark jokes, maka bisa saja orang lain mulai memiliki stigma yang buruk terhadapnya. Sama seperti korban bullying, ia akan dikucilkan ditengah-tengah masyarakat.

4. Kehilangan semangat

Saat seseorang menjadi simbol penderitaan yang ditertawakan, bisa jadi ia mulai kehilangan semangat dalam kehidupannya. Entah apa yang akan ia perbuat kedepannya. Entah hanya mengurung diri atau hal lainnya. Karena tidak semua orang bisa menjadikan hinaan sebuah motivasi.

Nah, itulah beberapa bahaya dark jokes. Oh iya, jangan pernah ucapkan dark jokes pada seseorang yang baru kamu kenal ya. Karena bisa jadi ia termasuk orang yang sensitif. Setidaknya berpikirlah dua kali sebelum kamu melontarkan dark jokes ya (Penulis: Dwindy Monica).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel