Yuk Ketahui Apa Itu Black Hole!

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Kamu pernah ga sih denger istilah "black hole" atau lubang hitam? Kali ini Teknokra.id akan memberikan informasi seputar black hole.

Dalam drama Love in Black Hole yang diperankan oleh SeolA Cosmic Girl dan Lee Hangyul banyak membahas mengenai fenomena black hole. Meskipun diselingi dengan fantasi dan black hole di dalamnya terlihat sangat sederhana. Bahkan dikatakan juga ada lubang putih. 

Yuk Ketahui Apa Itu Black Hole!

Jadi, ketika black hole mengisap benda, lubang putih akan menjatuhkan benda tersebut. Yups, itu hanyalah selingan di dalam drama. Lubang putih hanyalah konsep matematika teoritis, bukan nyata adanya. Sementara itu, bagaimana dengan black hole?

Black hole merupakan objek misterius yang ada di balik langit. Black hole ada di alam semesta, tetapi keberadaan sebenarnya masih misterius. Black hole secara teknis merupakan salah satu ruang di luar angkasa yang memiliki gravitasi yang teramat sangat kuat. 

Black hole terdiri dari 2 bagian, yaitu singularity dan event horizon. Singularity adalah bagian yang masih cukup misterius hingga saat ini. Yups, karena sampai saat ini belum diketahui apa isi dari singularity.

Sementara itu, event horizon merupakan wilayah yang mempunyai gaya gravitasi yang sangat kuat. Bahkan, semua objek di alam semesta diprediksi tidak bisa lolos dari hisapannya. Cahaya yang dikatakan sebagai objek tercepat saja tetap tidak bisa lolos dari gravitasi black hole. Sehingga menyebabkan tidak ada cahaya disekitar black hole

Karena gelapnya keadaan black hole, maka black hole tidak terlihat. Loh loh, kalau tidak terlihat, bagaimana kita bisa tahu black hole itu ada? Jawabannya adalah dengan melihat efek gravitasi black hole tersebut terhadap objek yang ada di sekitarnya. 

Kamu bisa mengamati pergerakan orbit luang angkasa yang lintasannya tidak jelas arahnya. Arah yang tidak beraturan itu dikarenakan terpengaruh efek black hole. Lalu, apa yg terjadi jika kamu masuk ke black hole

Jika manusia masuk ke dalam black hole, maka manusia tersebut akan mengalami fenomena yang disebut spaghettification, di mana molekul tubuhmu akan hancur lebur dan bersatu dengan singularity. Black hole sendiri terbentuk dari bintang berukuran besar yang telah kehabisan "bahan bakarnya", sehingga bintang ini akan runtuh pada titik gravitasinya sendiri dan menjadi satu titik yang disebut singularity. Kemudian terbentuklah black hole.

Secara matematis, semua hal di dunia ini bisa saja menjadi black hole, termasuk manusia. Caranya adalah dengan memadatkan diri dengan asumsi massa tubuh kita adalah 70kg mnjadi 1yoctometer. Artinya ukurannya menjadi sangat kecil dan barulah kita bisa menjadi black hole. Hal serupa pun bisa terjadi pada bumi. Bumi yang dipadatkan menjadi sebesar "kacang" juga bisa menjadi black hole. Namun, secara alami, manusia tidak mungkin menjadi black hole. Kenapa? Karena massa kita yang sudah terlalu kecil. Bahkan matahari saja tak punya massa yang cukup untuk menjadi black hole.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu black hole. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu menjadi yakin kalau black hole itu ada? (Penulis: Dwindy Monica).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel