Kenapa Sih Jakarta Selalu Macet?

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Kamu pasti tahu kan kalau Jakarta adalah tempat yang sering dikeluhkan karena kemacetannya? Bahkan menurut penelitian, Jakarta merupakan kota termacet di dunia. 

Nah, kali ini Teknokra.id akan membagikan informasi terkait alasan Jakarta sering macet. Yuk simak selengkapnya!

Kenapa Sih Jakarta Selalu Macet?

1. Faktor transportasi umum yang belum memadai

Alasan pertama adalah karena transportasi umum yang kurang memadai. Transportasi umum yang ada masih sering dipaksa untuk dipakai meskipun mesinnya sudah tidak "sehat" lagi. 

2. Faktor keamanan dan kenyamanan yang belum terjamin

Selain transportasi umum yang kurang memadai, keamanan dan kenyamanan yang masih kurang pun turut menjadi alasan. Pasalnya dalam kendaraan umun sendiri masih banyak kejadian yang mengancam keselamatan penumpang. Hal ini tentu saja memengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan kendaraan umum menjadi berkurang.


3. Banyaknya masyarakat yang membeli kendaraan pribadi

Tahukah kamu? Berdasarkan data pada tahun 2015, di Hongkong, 90% warganya menggunakan kendaraan umum. Untuk Singapura sendiri 50%, tapi mirisnya di Jakarta hanya 20%. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Ini dikarenakan orang berlomba-lomba membeli kendaraan pribadi yang angkanya naik setiap hari. Oleh sebab itu, macet pun tak bisa dielakkan.

Angka pertumbuhan jumlah kendaraan pribadi di Jakarta mencapai 12-13% pertahun. Padahal pertumbuhan ruas jalan hanya 0,01% pertahun. Jadi, ada sekitar 6000 kendaraan baru di Jakarta, sedangkan panjang jalan tidak bertambah. Selain itu, jalan yang sempit masih sering digunakan untuk parkir sembarangan. 

4. Tempat berkumpulnya masyarakat dari berbagai daerah

Kemacetan juga dikontribusikan oleh daerah sanggahan Jakarta, yaitu bodetabek. Pada tahun 2014 sendiri tercatat 2,4 juta orang dari wilayah tersebut yang menjadi komuter di Jakarta. itu artinya meskipun sudah cukup padat, Jakarta masih perlu menahan serbuan daru seluruh penjuru arah. Hal ini dikarenakan Jakarta menjadi kota yang cukup lengkap. Semua dibangun di Jakarta, sehingga masyarakat dari berbagai daerah justru mencari pekerjaan di Jakarta. 

Jadi kepadatan itu sendiri bermula dari pembangunan yang tidak merata. Selain itu, ketertiban hanya dianggap sebagai konsep belaka. Karena pada kenyataannya, masih banyak pelanggaran lalu lintas yang terjadi.

Nah, itulah dia beberapa alasan kenapa Jakarta selalu macet. Meskipun saat ini sudah banyak fasilitas yang diperbaiki, namun tentu saja tidak ada yang instan. Semua memerlukan proses dan waktu (Penulis: Dwindy Monica).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel