Alasan Dibalik Bumi yang Berbentuk Bulat

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Kamu tahu ga sih alasan kenapa bumi ini berbentuk bulat, bukan datar, kotak, atau bahkan segitiga? Nah, kali ini Teknokra.id akan menjawab pertanyaanmu itu loh!

Jadi alasan sederhananya bermula dari gravitasi. Kamu pasti tahu kan, kalau semua yang punya massa pasti punya gravitasi. Massa sendiri merupakan banyaknya materi yang terdapat dalam suatu objek. 

Alasan Dibalik Bumi yang Berbentuk Bulat

Dalam hukum gravitasi sendiri dikatakan bahwa massa menarik massa yang lainnya. Itulah alasan kenapa bumi mengorbit matahari dan bulan mengorbit bumi akibat massa yang saling tatik-menarik tersebut. 

Kala itu, ketika bumi pertama terbentuk pada sekitar 4,5 milyar tahun yang lalu, material debu dan gas saling menarik untuk membentuk bumi. Hal itu kemudian menjadikan bumi sebuah planet yang solid. 

Tapi kenapa sih harus bulat? Alasan pertama adalah karena gravitasi selalu mengarah pada pusat massa. Sehingga gravitasi bisa menekan suatu materi secara merata dari setiap arah ke satu titik, yaitu titik pusat dan bisa membentuk bola.

Alasan selanjutnya adalah karena lingkaran merupakan bentuk yang paling efisien bagi material untuk saling tarik-menarik. Lalu kenapa kok ga kotak? Jawabannya adalah jika dalam kotak Kan  terdapat sudut-sudut. Sudut-sudut yang ada akan membuat gravitasi lebih jauh menjangkaunya. Oleh sebab itu, bumi pasti bulat. 

Lalu kenapa benda lain seperti pohon, manusia, motor justru tidak bundar padahal benda itu juga punya gravitasi? Alasannya adalah karena gravitasi mereka tidak sebesar bumi, sehingga mudah untuk menjangkau sudut-sudut yang lain. 

Sama seperti asteroid yang memiliki bentuk tak beraturan. Hal ini dikarenakan material gravitasi benda-benda tersebut tidak sebesar bumi. Oleh karena itu, bentuk bulat menjadi salah satu syarat bahwa objek di langit itu dapat disebut planet atau tidak. Tapi, bukan berarti semua objek yang berbentuk bulat memiliki gravitasi yang kuat, perlu dilihat juga perspektifnya.

Nah, itulah penjelasan terkait alasan mengapa bumi itu bulat. Bagaimana menurut kamu? (Penulis: Dwindy Monica).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel