Tips Mudah Mengerti Pelajaran dari Guru

Teknokra.id - Untuk kamu siswa kelas 12, tidak terasa kalau UTBK sebentar lagi. Tapi kamu tidak pernah mengerti pelajaran yang selalu gurumu sampaikan? 

Tenang, jangan khawatir! Di sini aku akan memberikan tips mudah mengerti pelajaran dari gurumu yang bisa kamu coba.

Tips Mudah Mengerti Pelajaran dari Guru

Berikut adalah tips mudah mengerti pelajaran dari guru.

1. Niat terlebih dahulu

Tips pertama adalah niat. Jika niat pertama kali kamu untuk bersekolah adalah belajar, pasti bakal dipermudah kok pembelajaranmu di sekolah. Sebelum memulai pembelajaran alangkah baiknya kamu membaca isi buku yang nantinya akan dipelajari dan dibahas oleh gurumu.

2. Dengarkan dan fokus

Jika di awal pelajaran kamu fokus untuk mendengarkan materi yang disampaikan oleh gurumu, pasti kamu akan mudah paham. Tinggalin rasa yang ga nyaman buat kamu seperti mengantuk. Jika kamu mengantuk cobalah izin ke kamar mandi untuk membasuh wajahmu.

3. Coba bertanya

Kamu bisa bertanya materi yang kurang kamu pahami ke gurumu atau teman yang lebih mengerti. Jika gurumu membuka sesi untuk bertanya di akhir jam pelajaran, cobalah bertanya dengan baik dan sopan.

4. Catat hal yang penting

Walaupun gurumu tidak menyuruhmu untuk mencatat hal penting tentang materi yang disampaikan olehnya, kamu bisa mandiri untuk mencatat hal itu di buku catatan khusus pribadi. Ini akan sangat membantu, karena terkadang guru itu selalu memasukkan soal ujian yang menurut kita ga perlu untuk dicatat.

5. Mengulangi materi dimalam hari

Kamu bisa mengulang materi yang telah disampaikan oleh gurumu dimalam hari atau sepulang sekolah. Atur waktu tidurmu untuk belajar dan juga beristirahat jika itu dilakukan pada malam hari agar tidak cemas dan terburu-buru ketika menghadapi ujian sekolah.

6. Lihat materi di YouTube atau website belajar

Di YouTube kamu bisa mencari video pembelajaran yang kamu kurang mengerti ketika dijelaskan oleh gurumu. Tidak hanya itu, banyak cara belajar yang bisa kamu temukan seperti website belajar gratis.

7. Buat mindmapping (peta konsep) 

Mind map adalah alat berpikir yang kreatif, ia mencerminkan cara kerja otak secara alami. Kamu bisa menggunakan mind map untuk lebih semangat belajar karena warna pada tulisan yang bisa kamu pilih sesukamu.

8. Mulai belajar kelompok

Jika kamu mempunyai waktu luang, kamu bisa memanfaatkan waktu itu untuk belajar kelompok sambil merelaksasikan pikiranmu ketika di sekolah bersama sahabatmu.

Nah, itulah dia beberapa tips yang bisa kamu coba agar lebih paham materi yang dijelaskan oleh gurumu. Semoga bermanfaat (Penulis: Ruweisha).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel