Terkadang Bersikap Egois Itu Perlu

Teknokra.id - Bersikap egois adalah suatu hal negatif di diri kita. Karena sikap egois dapat merugikan orang lain. 

Tetapi tahukah kamu bahwa terkadang bersikap egois itu diperlukan? Lalu pada saat apakah sikap egois itu perlu kita lakukan? 

Terkadang Bersikap Egois Itu Perlu

Mari simak dibawah ini, waktu yang tepat untuk bersikap egois.

1. Saat kamu terus-menerus dimanfaatkan oleh orang lain

Hubungan yang baik itu seharusnya bukan yang seperti simbiosis parasitisme. Jadi kalau kamu sering dimanfaatkan dan dirugikan oleh orang lain, kamu harus berani menolak dan berkata tidak. Karena menjadi baik itu bukan membiarkan orang lain semena-mena sama kamu.

2. Saat kamu ingin memutuskan hubungan toxic 

Kalau kamu terjebak dalam hubungan toxic yang menyiksa dan kamu mau keluar dari situasi itu, kamu boleh kok bersikap egois demi kebahagiaanmu. Karena menjadi bahagia itu pilihan dan tanggung jawabmu.

3. Saat kamu butuh istirahat karena lelah secara fisik dan mental

Ada kalanya kamu lagi ga baik-baik saja, butuh waktu jeda, dan ingin menyendiri. Di saat seperti ini, kamu ga perlu meng-iyakan permintaan orang lain. Ingat, kamu juga perlu memprioritaskan kesehatan fisik dan mentalmu.

Pada akhirnya, bersikap egois di sini bukan berarti kita selalu memprioritaskan atau menomor-satukan diri sendiri setiap saat dan setiap waktu. Bukan berarti kita ga peduli sama sekali dengan kepentingan dan kondisi orang lain.

Tapi, egois di sini mengajarkan kita untuk memahami apa prioritas dan batasan kita. Supaya kita belajar untuk fokus memenuhi kebutuhan dan kepentingan kita di waktu yang tepat, untuk alasan yang tepat.
 
Ingat, berbuat baik sama orang lain itu adalah hal yang baik. Tapi, bukan berarti harus sampai mengorbankan kesehatan mental kita (Penulis: Ruweisha).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel