Seni Berbicara di Hadapan Anak-Anak

Teknokra.id - Hai gaes! Kalian sering gak sih ngerasa kalau kalian itu gak cocok ngobrol sama anak-anak. Bahkan sering banget nih menganggap bahwa bisa ngobrol dengan anak-anak adalah bakat dalam diri yang sudah ada dari kecil. Hmm benar gak sih?

Coba geh, kalian ingat-ingat lagi. Nostalgia dulu ketika kalian masih kecil. Menurut kalian ketika masih kecil, kalian suka berbicara dengan orang yang dewasa seperti apa sih? Misal dari cara berbicaranya sampai mimik wajahnya.  Makanya kadang anak kecil terkenal dengan julukan manusia yang paling jujur. Karena anak kecil sangat peka dengan perasaan orang dewasa.

Seni Berbicara di Hadapan Anak-Anak

Jadi kesimpulannya, jika kita ingin berbicara dengan anak-anak atau mengambil hatinya, supaya mereka memperhatikan kita adalah dengan memahami perasaan anak-anak kecil terlebih dulu. Maksudnya? Ya.. Kita pahami terlebih dahulu, maunya anak kecil itu kalau ngobrol sama orang dewasa nyamannya yang seperti apa sih? Jangan sampai mereka gak mau deket sama kita karna takut sama ekspresi wajah kita yang galak. Nah jadi udah pada tau kan? Harusnya gimana biar mereka nyaman sama kita. 

So, berikut beberapa tips cara berbicara dihadapan anak-anak versi Teknokra.id.

1. Senyum yang ceria

Sudah pasti dong ketika kita ingin berbicara dengan orang lain tidak boleh bermuka masam, apalagi dengan anak kecil. Pasang ekspresi yang menyenangkan. Jangan sampe baru ketemu anak kecil sudah dipelototi, tambah takut deh mereka buat deket sama kita. Jangan lupa! Kalau anak kecil itu sangat peka dengan perasaan orang dewasa yaa..

2. Nada bicara yang ramah

Horor gak sih rasanya kalau ekspresi kita ceria tapi suara kita tinggi?  Kalau terdengar anak kecil, itu seperti marah-marah. Aneh bukan? Kalau berbicara depan anak kecil, mau tidak mau harus ramah, walaupun beberapa anak ada yang terlihat menjengkalkan. 

3. Gunakan sapaan adik-adik

Ketika kita menggunakan sapaan tersebut, bisa membuat kita lebih akrab dengan anak-anak. Tapi jika kalian ingin memanggil dengan namanya boleh juga. Alangkah lebih baiknya  jika memanggil tetap menggunakan kata adik yang disertai nama. Contoh : Adik Rehan

4. Mengajak bukan menyuruh

Sering gak sih kalian lihat anak kecil kalau disuruh-suruh suka menolak atau membantah? Anak kecil cenderung suka mengikuti apa yang dilakukan orang sekitarnya. Jika kita ingin anak kecil melakukan sesuatu yang diperintahkan, maka kita harus melakukannya juga. Contoh: Menyuruh anak kecil sikat gigi, maka kita juga harus melakukannya. Bahkan jika kita ingin anak kecil mengerjakan sholat, kita  juga harus memberi contoh.

5. Sering memuji

Ketika anak- anak kecil melakukan hal baik, sebaiknya kita memuji usahanya. Anak kecil pun sebenarnya sangat suka dengan pujian. Beda  ya gaes dengan kita yang sering lebih memilih perkataan pahit tetapi jujur wkwk.

Nah, itulah beberapa tips untuk bisa berbicara dihadapan anak-anak. Semoga bermanfaat (Penulis: Azhar Azkiya).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel